Kanal

PT CPI - Unilak Berikan Pelatihan Pembuatan Sekam Bakar dan Paving Blok di Bengkalis

BENGKALIS, BEDELAU.COM Kepedulian PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) terhadap lingkungan tetap konsisten menjelang alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan pada Agustus mendatang. Yang terbaru, PT CPI menggandeng Universitas Lancang Kuning (Unilak) untuk melatih Kelompok Peduli Lingkungaan Budi Mulya di Kabupaten Bengkalis dalam pembuatan sekam bakar dan paving blok dari plastik.

Pelatihan yang dilaksanakan pada 10 Maret 2021 lalu tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Bank Sampah Induk Berseri, Bank Sampah Selat Baru, Bank Sampah Berancah, Kelompok Peduli Lingkungan, Bank Sampah Lestari, Bank Sampah GPS Putri Hijau, Bank Sampah Arifin.

Kelompok Peduli Lingkungan Budi Mulya berbasis di Desa Mentayan, sentra penghasil padi di Kabupaten Bengkalis. Selama ini, sekam padi hanya dibuang atau dijual dengan harga murah. Melalui pelatihan ini, diharapkan para anggota kelompok dapat menjadi penggerak dalam pemanfaatan sekam bakar.

Selain pelatihan sekam bakar, PT CPI juga memberikan peralatan untuk membuat paving blok berupa kuali, sendok pengaduk, cetakan paving blok, sepatu safety dan sarung tangan. Satu kilogram sampah plastik dapat menghasilkan satu buah paving blok dengan ukuran 22 x 11 cm dengan tebal 5 cm.  

“Kami sangat senang karena mendapatkan perhatian khusus dari PT CPI dan Unilak melalui kegiatan pelatihan yang sangat kami butuhkan. Kami juga berterima kasih atas pemberian peralatan untuk pembuatan paving blok,” ujar Widyanto, Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Budi Mulyo.

GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin mengungkapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sampah sebagai penunjang perekonomian masyarakat. “Program ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan sampah plastik dan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di masa pandemi melalui inovasi-inovasi yang terus dilakukan,” ujar Sukamto.

Program pengelolaan bank sampah merupakan salah satu program investasi sosial PT CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Program Bank Sampah sendiri telah berjalan sejak tahun 2015, yang dimulai dengan proyek pilot di Kelurahan Pematang Pudu, Mandau, Bengkalis, yang dikelola melalui kelompok usaha berbasis lingkungan Bank Sampah Pematang Pudu Bersih.

Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar berpartisipasi dalam pengelolaan limbah rumah tangga dan penanganan masalah sampah. Program investasi sosial PT CPI lainnya di bidang lingkungan antara lain konservasi mangrove bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN); konservasi gajah bersama Perkumpulan Gajah Indonesia (PGI); Program Desa Peduli Api di Siak dan Rokan Hilir bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG).

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan WK Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com. (Rilis)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER