Kanal

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil Silaturrahmi Kediaman Gubernur Riau

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM  --Untuk pertama kalinya setelah dilantik, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH bersilaturrahmi ke Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dikediamannya Kompleks Gubernuran, Jl Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (25/3/2021)  

Dalam pertemuan itu Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil mengharapkan sinergi program pembangunan antara Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pemerintah Provinsi Riau, terutama program pembangunan infrastruktur jalan, khususnya kelanjutan jalan poros Alai-Mengkikip yang merupakan jalan provinsi.

"Kami mohon sangat jalan ini diselesaikan oleh provinsi, namun terakhir kami lihat dalam anggaran provinsi tahun ini hanya untuk satu setengah kilometer semntara sisa panjang jalan yang harus dibangun sekitar 28 kilometer," harap H. Muhammad Adil.

Bahkan secara khusus Bupati Kepulauan Meranti menekankan pentingnya keberadaan jalan Alai-Mengkikip ini bagi perkembangan ekonomi Kepulauan Meranti ke depan selain membuka keterisoliran juga akan mendorong ekonomi masyarakat, "Sebab itu kami harap Provinsi dapat menyelesaikan jalan ini secepatnya, "pinta Bupati Kepulauan Meranti.

Bupati juga memaparkan beberapa program strategisnya yang diharapkan bisa disinergi dengan provinsi mengingat beberapa kewenangan ada di provinsi, diantaranya pembangunan lembaga pendidikan terpadu dan program beasiswa pendidikan tinggi.

"Saya sebagai orang baru tentu harus banyak berdiskusi dan minta saran dengan Syamsuar yang sebagai Gubernur Provinsi Riau untuk diketahui Kabupaten Kepulauan Meranti sangat miskin dan tingkat pendidikannya terendah di Riau, "kata H. Muhammad Adil.

Menanggapi usul Bupati Kepulauan Meranti, Gubernur Riau mengakui jalan Alai-Mengkikip tetap masuk prioritas provinsi, namun mengingat anggaran provinsi juga sangat terbatas, maka jalan tersebut belum dapat dibangun sepenuhnya, "Saat ini kami sedang perjuangkan ke program hibah untuk pembangunan infrastruktur yang ada di Bappenas mudah-mudahan ini bisa masuk karena program itu hanya untuk tiga daerah, yaitu Sumatera Selatan, Riau dan Sulawesi Selatan, "ujar Syamsuar.

Terkait sekolah terpadu, Gubernur Riau menyarankan Kabupaten Kepulauan Meranti mencontoh Siak yang membangun Islamic Centre, "Mungkin nanti H. Muhammad Adil yang baru menjabat sebagai Bupati Kepulauan Meranti bisa melihat di Siak, sekarang sudah jadi sekolah favorit dengan akreditasi A, dengan begitu nanti dapat dikelola Pemerintah Daerah, "kata Syamsuar Gubernur Riau.

Sementara untuk beasiswa terutama Fakultas Kedokteran di Universitas Riau (UR) tetap ada, namun jika Kepulauan Meranti ingin dengan jumlah yang lebih dan bersifat khusus dapat langsung menjalin kerjasama dengan UR.

Gubernur Riau yang pernah menjabat Pj. Bupati Kepulauan Meranti yang pertama ini juga meyakinkan program merangkai pulau di Provinsi Riau tetap menjadi prioritas untuk itu Bupati Kepulauan Meranti diminta menyiapkan perencanaan untuk infrastruktur merangkai pulau tersebut.

Pertemuan yang berlangsung hangat itu juga diisi dengan cerita kenang-kenangan saat Gubernur Riau bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti dulu, pertemuan diakhiri dengan foto bersama antara Syamsuar dengan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil berserta staf lainnya yang ikut serta menghadiri pertemuan tersebut. (Sp)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER