Kanal

Antisipasi Keramaian Takbiran, Forkopimda Pekanbaru Gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning

PEKANBARU, BEDELAU.COM   --Pada malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, dikhawatirkan banyaknya masyarakat yang bekrumun, Forkopimda gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning untuk menghimbau masyarakat agar tetap berada dirumah.

Dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning ini dihadiri oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K., M.H. Kolonel Inf. Edi Budiman SIP, M.IP, Sekda Kota Pekanbaru H. M. Jamil, S.Ag.,M.Ag.,M.Si, Kadis Perhubungan Yuliarso SSTP, M.Si, Kasat Pol PP Iwan Samuel Parlindungan Simatupang dan Kaban BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra serta pejabat jajaran Forkopimda Kota Pekanbaru lainnya dan diikuti oleh personil gabungan lebih kurang 200 orang yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub dan Satgas Gugus Tugas Kota Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru menjelaskan bahwa operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang berkerumun, karena sudah menjadi tradisi disetiap malam takbiran, masyarakat selalu berkeliling untuk menggemakan malam takbiran, karena saat ini kondisi di Kota Pekanbaru masih berada di zona merah Covid-19, maka Kapolresta Pekanbaru besama Forkopimda Kota Pekanbaru gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning untuk malakukan pengamanan dan mengantisipasi terjadinya kerumunan dimalam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

"Berdasarkan anjuran pemerintah dan surat Himbauan yang telah dikeluarkan, masyarakat diharapkan untuk tidak menggemakan takbir secara berkerumun di masjid maupun di jalan raya, tetap patuhi protokol kesehatan dan diutamakan tetap berada dirumah." Ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya S.I.K., M.H. Rabu malam (13/05/2021).

Larangan takbiran keliling juga sudah disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut mengatakan menilai takbir keliling berpotensi menimbulkan kerumunan. Kerumunan ini disebut berpotensi penularan COVID-19.

"Semua ini bertujuan untuk menjaga kita dalam rangka Hari Raya Idul Fitri supaya tetap sehat walafiat. Mari kita semua bekerjasama untuk melawan virus corona ini" ajaknya

Operasi Ketupat Lancang Kuning ini juga melakukan penyekatan arus lalu lintas yang masuk ke arah Jenderal Sudirman mulai depan Mall Pekanbaru hingga Bundaran Tugu Zapin dan Jalan Hr. Soebrantas.

(Humas Polresta Pekanbaru)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER