Kanal

Kronologi Omicron Terdeteksi di RI, Diderita Pekerja di Wisma Atlet

BEDELAU.COM  --Satu pekerja rumah sakit Wisma Atlet, Jakarta, terkonfirmasi Corona varian Omicron. Pasien berinisial N itu kini menjalani karantina di Wisma Atlet.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan langsung temuan Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021). Begini kronologinya.
 
8 Desember
 
Menkes Budi mengatakan Pasien merupakan pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta. Ada tiga orang yang yang diketahui positif Corona, dan salah satunya varian omicron.
 
"Pada tanggal 8 Desember, samplenya diambil secara rutin dari tim Wisma Atlet," ucap Budi.
 
10 Desember
 
Dua hari setelah sampel pasien itu dikirim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk diperiksa lebih lanjut. Badan Litbangkes Kemenkes melakukan genome sequencing terhadap sampel N.
 
"Jadi ada 3 pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif PCR-nya 3 data tersebut dikirim ke Balitbankes untuk kita lakukan uji genome sequencing dan 1 dari 3 positif Omicron, yang duanya tidak," kata Budi.
 
15 Desember
 
Lima hari setelahnya, pasien N dipastikan terjangkit Corona varian Omicron. Hal itu berdasarkan dua kali pengecekan.
 
"Tanggal 15 keluar hasilnya dari 3 orang ini 1 adalah Omicron. Yang dua bukan omicron dan satu ini sudah double check dan memang terkonfirmasi Omicron," katanya.
 
Budi mengatakan ketiga pasien itu saat ini dikarantina di Wisma Atlet. PCR kedua pasien itu juga sudah dinyatakan negatif.
 
"Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah di-PCR kedua dan semua negatif," kata Budi.
 
 
Sumber: [detik.com]
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER