Kanal

Selamatkan Pohon, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan UNRI Lakukan Penanaman Mangrove

SIAK,BEDELAU.COM --Dosen bersama Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Riau melakukan penanaman bibit mangrove sebagai aksi nyata dalam menjaga lingkungan khususnya di daerah pesisir.

Ketua rombongan yang juga sebagai dosen penanggungjawab matakuliah Pencemaran Lingkungan Program Studi Ilmu Lingkungan UNRI Prof. Dr. Ir. H. Bintal Amin, M.Sc menjelaskan, hutan mangrove merupakan habitat penting bagi kelautan dan sebagai penjaga pantai dari abrasi. Selain itu, ekosistem mangrove merupakan salah satu penyerap karbon terbesar sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Berbagai aktivitas yang terjadi disekitar wilayah pesisir menyebabkan rusaknya ekositem mangrove. Oleh karena itu, upaya konservasi ekosistem mangrove harus dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan. Harapan dari kegiatan ini menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat berbagai organisme. Mangrove telah menjadi pelindung lingkungan yang sangat besar.

Kegiatan dalam rangkaian praktikum mahasiswa S2 Ilmu Lingkungan semester 1 ini digelar pada tanggal 18 November 2023. Hadir juga Dr. Rahman Karnila, S.Pi, M.Si selaku dosen pengampu, serta kegiatan ini juga melibatkan komunitas mangrove sungai bersejarah Desa Kayuara Permai dalam aksinya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga observasi dalam menganalisis resiko lingkungan terhadap kegiatan usaha budidaya tambak udang yang dilakukan masyarakat.  Salah seorang masyarakat di kawasan tersebut Deby Afrioza (28) menyambut baik kegiatan yang dilakukan mahasiswa Pascasarjana Ilmu lingkungan UNRI. Menurutnya kegiatan ini akan memberi edukasi dan berdampak langsung terhadap masyarakat. (rilis)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER