Kanal

Bunga Langka Tumbuh di Halaman Rumah Warga Pangkalan Batang Barat

BEDELAU.COM ---Bunga bangkai dan langka tumbuh dihalaman rumah warga di Desa Pangkalan Batang Barat, Kecamatan Bengkalis. Temuan bunga besar mekar yang disebut-sebut mirip dengan bunga bangkai ini diketahui warga, Selasa (16/2/2021) sore lalu.

Bunga itu tumbuh di halaman rumah Lia Wulandari. Menurutnya, bunga itu tumbuh setinggi sekitar 20 centimeter. Awalnya Lia mengira jika ada hewan yang mati, sebab bau busuk itu tercium dari halaman rumah. Karena, tidak nyaman dengan bau busuk itu, Lia memastikan dan mencari tahu.

Setelah berkeliling dihalaman rumah, ia mencium dari dekat tumbuh sebatang pohon yang mirip bunga. Penasaran, Lia mencari tahu dengan membuka internet dan melacak jenis bunga yang tumbuh dihalaman rumahnya. Benar bunga busuk itu mirip bentuknya bunga busuk ikon Bengkulu.

"Entah lah! Macam tak sado, alih-alih ade bunge yang awalnye dulu kecik. Ade bau bangkai, kami caghi lah mane baunye. Upenye daghi bunga situ, busuknye bau die," kata Lia Wulandari dalam dialek Melayu.

Diungkapkan Lia, awal kemunculan bunga indah tapi busuk ini sekitar dua pekan silam. "Ghase kami dah due minggu dah. Bunge cantik, tapi kami tak tau bunge ape. Setelah ade bau (busuk), baghu lah tau itu bunge bangkai," tambahnya.

Diakui Lia, kemunculan bunga ini tidak ada bawa petanda unik, baik melalui mimpi atau pun dirinya menabur bibit bunga tadi maupun tanaman lainnya karena beliau bukan penghobi atau kolekstor bunga.

Lia sang perajin Tenun Songket dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) istri dari Juanda ini mengaku risih dan takut ada petanda buruk atas fenomena ini. Anak pertamanya pernah bertanya jika akan menjual bunga rupawan itu yang dijawab Lia seharga Rp 50 juta.

"Tumbuhnye bunge ini ade ghase senang, ade tak senang. Takotnye, tetangge maghah bau busuk. Senangnye sebab bunge ni langka. Sementaghe waktu bunge ni bio lah tumbuh dulu supaye oghang bisa nengok bahwe ini lah bunge bangkai. Kalau tak ade yang nengok, mungkin kami bunoh bunge ni daghi pade teganggu bau busuk," tutur Lia Wulandari.

Sementara itu Bayu, salah seorang warga Desa Sebauk menyebutkan, bahwa bunga tersebut ditemukan mekar sekitar satu hari lalu.

Menurutnya, di sekitar bunga itu tidak ada tumbuhan lainnya seperti umbi-umbian. Kemunculan bunga terbilang cukup unik dan langka di Pulau Bengkalis tersebut, juga mengundang warga lainnya untuk turut menyaksikan atau melihat dari dekat.

"Baru satu hari kemarin mekarnya. Tingginya sekitar setengah meter, baunya busuk jugalah," ungkap Bayu. 

Mekarnya bunga hanya akan bertahan hingga sepekan ke depan.

Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum sendiri merupakan tumbuhan asli Indonesia. Populasinya hanya ditemukan di hutan-hutan Sumatera.

Pada saat ini habitatnya di alam banyak mendapat tekanan dan gangguan dari pengambilan ilegal di hutan, kerusakan habitat, dan penurunan jumlah serangga penyerbuk serta binatang penebar biji.

Amorphophallus titanum pun masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7/1999.

Bunga Bangkai termasuk suku talas-talasan (Araceae) sehingga memiliki umbi. Umbinya sendiri berukuran raksasa, bahkan beratnya dapat mencapai 117 kilogram dan Bunga Bangkai berbeda dengan bunga Rafflesia.(kr)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER