Kanal

Oknum Parpol Intimidasi PPK, Suara Nasdem Terancam Tergerus

BEDELAU.COM --Perolehan suara Partai Nasional Demokrat di beberapa daerah di Riau terancam tergerus. Diantaranya karena kecurangan masif oleh oknum Partai Politik (Parpol) lain yang menghalalkan berbagai cara "menyerobot" suara Nasdem dengan cara mengintimidasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Cara-cara haram yang dilakukan oknum Parpol itu sangat merugikan Nasdem, baik secara individu mau pun kepartaian. Salah satunya terjadi di Dumai.

"Penghitungan surat suara Calon Legislatif di tingkat kecamatan khususnya Kota Dumai, kami mendapati laporan bahwa telah terjadi dugaan kecurangan yang dilakukan oleh salah satu oknum Caleg Parpol melakukan intervensi, intimidasi dan money politic secara masif kepada oknum PPK untuk mencurangi suara Partai NasDem," kata Teguh Indarmaji, selaku Ketua Badan Advokasi Hukum DPW Partai Nasdem Rau, Senin (19/2/24). 

Secara spesifik, tidak disebutkan siapa oknum parpol yang bermain curang di Dumai tersebut. Namun bukti-bukti kecurangan terus dikumpulkan. 

Kecurangan dengan cara mengintimidasi PPK di Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing) juga terjadi. Perolehan suara Nasdem terancam berkurang karena adanya ulah oknum parpol lainnya. 

Nasdem sendiri belum merincikan siapa oknum yang bermain curang di Daerah Pemilihan (Dapil) Riau II tersebut. Namun Nasdem berjanji akan membukanya ke publik. Namun begitu, Nasdem meminta kepada penyelenggara Pemilu mulai Komisi Penyelenggara Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) untuk memberikan perhatian serius atas permasalahan ini. 

Nasdem meminta agar kepada seluruh pihak berwenang dapat melakukan langkah-langkah penindakan dan pencegahan khususnya kepada oknum PPK Kecamatan di Kota Dumai yang diduga bermain curang dalam proses penghitungan suara. 

"Kami Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem Provinsi Riau juga menghimbau seluruh kader, anggota dan simpatisan Partai NasDem untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan mengawal proses penghitungan surat suara Partai NasDem di setiap tingkatan sehingga hasil penghitungan suara dapat melahirkan Pemilu yang jujur dan adil," papar Teguh lagi. 

Sementara Kabid Bapilu Partai DPW Nasdem Riau Dedi Harianto juga mengingatkan kepada seluruh PPK yang ada di Rau tidak takut dengan adanya intimidasi oleh oknum Parpol yang ingin mengambil suaranya dengan cara tidak halal tersebut. 

Dedi juga berharap kepada seluruh kader Nasdem, simpatisan agar terus mengawal suara masyarakat yang sudah dipercayakan kepada Nasdem agar terus dikawalmb 

"Kami juga sudah bangun komunikasi dengan seluruh saksi prtai untuk memperhatikan adanya dugaan upaya curang saat pleno rekapitulasi di PPK," ujar Dedi. **

 

 

 

Sumber: riauterkini.com

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER