H. Muhammad Adil: Setiap Guru Harus Memiliki Kompetensi dan Profesionalitas

Kamis, 18 Maret 2021

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sesuai visi, misi dan program

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH menggelar pertemuan dengan para Kepala Sekolah (SD) se-Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan silahturrahmi sekaligus menghimpun masukan dari para guru dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas dunia pendidikan Kepulauan Meranti, silaturrahmi dilaksanakan di Aula SMAN 2 Selatpanjang,(18/3/2021).

Dalam kegiatan silaturrahmi turut hadir dalam acara itu, Kadis Pendidikan Kepulauan Meranti Triyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti Hj. Syarifah Zuma, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti Syafrizal, dan Kepala SD se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas SDM, sesuai dengan  visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil-H. Asmar, melalui peningkatan kualitas pendidikan di Kepulauan Meranti, untuk itu ia berharap kepada para guru khususnya Kepala Sekolah SD se-Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dapat bekerja serius tulus dan ihklas dalam memajukan dunia pendidikan di Kepulauan Meranti.

"Saya minta kepada guru cukup memikirkan bagaimana upaya mencerdaskan anak-anak yang sedang di bangku sekolah di Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan tulus dan ikhlas jangan berfikir yang lain," ujar H.  Muhammad Adil Bupati Kepulauan Meranti.

Para guru dapat bekerja dengan fokus dan konsentrasi mengawal suksesnya dunia pendidikan Kepulauan Meranti, Bupati H. Muhammad Adil juga menyampaikan komitmennya untuk mensejahterakan para guru salah satunya dengan mengangkat seluruh guru komite menjadi guru honor Kabupaten dengan gaji 2 juta perbulan.

Bagi guru ASN, mantan Legislator DPRD Riau 2 Periode itu juga mengintruksikan OPD untuk membayarkan insentif dan sertifikasi guru yang sebelumnya dengan sistem rapel atau semester menjadi tiap bulan, "Saya telah meminta kepada BPKAD untuk membayarkan semua hak guru setiap bulan, jangan ditunda-tunda," ujar H. Muhammad Adil.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengajar, Bupati H. Muhammad Adil, menegaskan setiap guru harus memiliki kompetensi dan profesionalitas sehingga kualitas belajar mengajar kepada peserta didik dapat meningkat, untuk meningkatkan kualitas guru tersebut, Bupati H. Muhammad Adil akan memperbanyak pemberian pelatihan kepada para guru di Kepulauan Meranti.

Dan yang luar biasa adalah akan memberikan bea siswa gratis S-2, S-3 kepada para guru dan kepala sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan, "Bagi guru dan kepala sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan S-2, S-3 kita sekolahkan gratis. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah menganggarkan dana 12.5 miliar untuk biaya pendidikan S-1 sampai Program Doktor, termasuk juga Dokter Umum," kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan oleh para guru.

Kemudian dalam upaya membantu mobilitas peserta didik berangkat sekolah dan mengaji di masjid, sesuai dengan program Bupati H. Muhammad Adil, akan memberikan sepeda gratis kepada siswa kelas 4 SD hingga kelas 2 SMP,  "Kita telah menganggarkan dana dalam APBD-P untuk pengadaan sepeda bagi anak-anak Kepulauan Meranti, Insha Allah tahun ini juga akan direalisasikan," tuturnya.

Upaya memajukan dunia pendidian di Kepulauan Meranti Bupati H. Muhammad Adil juga menyampaikan beberapa penegasan diantaranya adalah:

  1. Akan meroling guru-guru yang berprestasi yang sudah lama bertugas di kota untuk ditugaskan membenahi sekolah-sekolah yang ada di desa.
  2. Meminta kepada para kepala sekolah baik negeri mau pun swasta mulai saat ini tidak lagi melakukan pengangkatan guru honor secara sepihak jika ditemukan akan dikenakan sanksi berat.

Bupati H. Muhammad Adil, juga membuka ruang dialog untuk menghimpun masukan dari para guru dalam upaya memajukan dunia pendidikan Kepulauan Meranti, termasuk juga menyangkut peningkatan kesejahteraan guru.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh para kepala sekolah, diantaranya penambahan ruang kelas, pengadaan jaringan internet untuk penunjang proses belajar mengajar, pembayaran dana sertifikasi, hingga penambahan tenaga pengajar di sekolah yang menerapkan kelas jauh, serta dana BOS daerah.

Menyikapi usulan tersebut, Bupati H. Muhammad Adil akan mengkaji sesuai skala prioritas dengan Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti, jika dinilai urgen dan harus diadakan segera akan dilaksanakan ,seperti pengadaan ruang kelas untuk sekolah jauh di Nerlang Tebing Tinggi Timur, untuk menunjang proses belajar mengajar di sana Bupati Kepulauan Meranti berjanji akan membangun 4 ruang kelas baru.

Untuk di Nerlang kita akan bangun 4 ruang kelas baru, Bupati H. Muhammad Adil, juga membuka kesempatan kepada para guru untuk menyampaikan berbagai keluhan dan permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar di sekolah dengan memberikan nomor kontak pribadi Bupati.

"Jika ada permasalahan dalam proses belajar mengajar silahkan hubungi saya di nomor 08127569509," ungkap Bupati.

Ke depan Bupati H. Muhammad Adil juga berencana akan menerapkan konsep Smart City yang didukung dengan teknologi IT, sehingga para guru dan kepala sekolah yang ingin berkomunikasi dengan Bupati dapat memanfaatkan teknologi tersebut. (Sp)