Bupati H. Muhammad Adil Pimpin Rakor Sukseskan Program Daerah

Sabtu, 20 Maret 2021

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kepala OPD untuk mensukseskan program daerah

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kepala OPD untuk mensukseskan program ketuk pintu melayani dengan hati, program berbasis Informasi Teknologi (IT) ini mampu menjawab segala persoalan yang dihadapi masyarakat Kepulauan Meranti, secara cepat, tepat dan efisien, rapat berlangsung di ruang rapat melati, (19/3/2021).

Turut hadir dalam Rakor, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Rosdaner, Plt. Kepala Bappeda Kepulauan Meranti Mardiansyah, Kepala Dinas Sosial Agusyanto, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Misri Hasanto, Kepala Dinas Pendidikan Triyono, Kepala Badan Penanaman Modal Afrizal Darma, Kabak Hukum Sudandri, Plt. Kabag Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Alfian dan perangkat pemerintah lainnya

Program ketuk pintu melayani dengan hati, merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki pelayanan masyarakat sebagai upaya mencapai Good Governance dengan mendekatkan pelayanan kepada setiap masyarakat.

Adapun program ketuk pintu melayani dengan hati ini, memiliki 6 aspek layanan program yang meliputi:

  1. Memastikan setiap penduduk Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki indentitas kependudukan.
  2. Memudahkan pelayanan kesehatan pada Populasi Rentan (Bumil, Balita dan Lansia) dan memudahkan pelayanan kesehatan bagi pasien yang dari puskesmas kecamatan dan dibawa dengan dirujuk ke RSUD Kepulauan Meranti.
  3. Memastikan setiap anak usia sekolah mendapatkan akses pendidikan wajib belajar 9 tahun.
  4. Menjamin masyarakat miskin dan penyandang masalah kesejahteraan sosial mendapatkan jaminan, perlindungan dan bantuan sosial. 
  5. Memudahkan perizinan usaha dan pendampingan UMKM.
  6. Pendataan mandiri yang komprehensif dari Pemerintah Daerah

Ada pun untuk mensukseskan program ini Pemerintan Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjalankan 7 langkah strategis mulai dari kelembagaan, pembagian kerja, penerapan SOP, kualitas dan kuantitas SDM, menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, menyederhanakan prosedur pelayanan ke masyarakat, dan yang tak kalah penting penyediaan  IT disetiap aspek pelayanan.

Nantinya dengan penerapan program ketuk pintu melayani dengan hati ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, berharap, terwujud beberapa tujuan yang ingin dicapai, yakni

  1. Peningkatan pelayanan publik dibidang kependudukan dan catatan sipil.
  2. Peningkatan pelayanan publik dibidang kesehatan masyarakat.
  3. Peningkatan layanan rujukan ke kabupaten.
  4. Meningkatkan angka partisipasi sekolah dan harapan lama sekolah.
  5. Meningkatnya pendapatan masyarakat disektor UMKM.
  6. Menurunnya tingkat pengangguran terbuka. 
  7. Peningkatan pelayanan publik pada masyarakat penerima manfaat dan penyandang PMKS. (Sp)