AKBP (Purn) H. Asmar Memimpin Rapat Koordinasi Persiapan MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten

Senin, 22 Maret 2021

AKBP (Purn) H. Asmar memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan diputuskan untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 April 2021

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan MTQ ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021, dalam Rakor tersebut diputuskan untuk pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 April 2021, Rakor dilaksanakan diruang Rapat Melati,(22/3/2021).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol, Ketua LAM Kepulauan Meranti Dt. Muzamil Baharuddin, Kepala Kemenag Kepulauan Meranti Agustiar SAg, Plt. Kabag Kesra Kepulauan Meranti Alfian, Kasat Binmas Kepulauan Meranti AKP. Jufri, Perwakilan Koramil, Ketua MUI Kepulauan Meranti H. Mustafa, Sekretaris LPTQ Kepulauan Meranti Zulkhairil, Ustadz Al-Jufri, para camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam rapat tersebut setelah mendengarkan masukan dan saran dari seluruh peserta akhirnya diputuskan pelaksanaan MTQ Ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021 akan digelar dari tanggal 1-5 April 2021.

MTQ Kabupaten kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana akan digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 untuk itu panitia akan menerapkan standar antisipasi penyebaran Covid-19 mulai dari pemeriksaan rapid test kepada setiap peserta qori dan qoriah serta official hingga penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, yakni jaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

"Karena kita tidak ingin pelaksanaan Syiar Islam untuk menggaungkan Asma Allah ini jadi pemicu penyebaran virus covid-19," kata Ketua H. Mustafa.

Ketua LAM Kepulauan Meranti Dt. Muzamil Baharuddin menyampaikan juga untuk menyarankan kepada panitia agar dalam pelaksanaan MTQ kali ini dapat menghindari terjadinya kerumunan di luar ketentuan (melebihi 30 orang)  seperti saat penyambutan khafilah kecamatan di pelabuhan hingga pengaturan jumlah tamu yang diundang juga dibatasi, "tutur Dt. Muzamil.

Adapun cabang yang diperlombakan disesuaikan dengan yang akan diperlombakan pada MTQ tingkat provinsi dan nasional, meliputi, 1. cabang tilawah, yakni tartil, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tilawah cacat netra, qiraat Al-Qur'an mujawad dewasa. 2. cabang hifzil Qur'an, yakni golongan 1 juz, golongan 5 juz, golongan 10 juz, 20 dan 30 juz. (Sp)