Bupati Meranti H. Muhammad Adil, Buka MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Tahun 2021

Jumat, 02 April 2021

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil dan AKBP (Purn) H. Asmar membuka MTQ ke-12 dengan memukul beduk

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM ---Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH membuka secara resmi MTQ ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021. Kegiatan syiar Islam dalam upaya untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan Al-Qur'an ini dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum, (1/4/2021).

Turut hadir dalam buka MTQ  ke-12, Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Kamsol, Anggota DPRD Provinsi Riau Amyurlis, Kakanwil Kemenag Riau diwakili oleh Kabid Penerangan Agama lslam Zakat dan Wakaf Drs. H. Fairuz,MA, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H. Agustiar, Ketua Pengadilan Agama Kepulauan Meranti Dr. Ernal Naofal, Kapolres Kepulauan Meranti yang diwakili Iptu Aguslan, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo. SH, MH, Danramil 02/TT Mayor Arm. Bismi Tambunan, SE, Danposal Selat Panjang Letda ( L) Jerry Hendra, kepala OPD se-Kepulauan Meranti, para Kadis, Ketua PKK Kepulauan Meranti Rinarni M. Adil, Wakil Ketua PKK Ny. Ismiatun Asmar, para camat, tokoh masyarakat/agama serta para undangan.

Kegiatan Pembukaan MTQ ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021, dengan tema “Melalui MTQ XII Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021 Kita Rajut Pembangunan Berlandaskan Al-Qur’an Menuju Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat”, diawali dengan pengibaran bendera MTQ yang dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Bupati Kepulauan Meranti yang diketuai oleh H. Rosdaner dan penyerahan Piala Bergilir oleh Bupati Kepulauan Meranti kepada Ketua Panitia penyelenggara Syamsuddin, SH, MH untuk diperebutkan dalam ajang MTQ kali ini.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH dalam sambutannya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti dan panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ ke-12 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun ini, sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia yang telah menjadi agenda pokok program pemerintah.

"Pelaksanaan kegiatan ini cukup berat akibat berbagai keterbatasan sebagai dampak dari wabah Covid-19, mulai dampak anggaran hingga dampak sosial di mana orang dibatasi oleh protokol kesehatan dan Bupati Kepulauan Meranti juga menyampaikan untuk pengembangan pendidikan keagamaan termasuk salah satu dari tujuh program strategis pemerintah daerah, yakni mengaji, menghafal, dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam upaya menunjang kemajuan dan martabat daerah.

"Untuk Itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung sepenuhnya lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis Al-Qur’an ini, baik itu pesantren maupun lembaga pendidikan agama lainnya, kita juga sedang menyusun skema untuk menyediakan beasiswa bagi anak-anak yang belajar di pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan atau madrasah," kata  H. Muhammad Adil dalam sambutannya.

“Setiap pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, Kabupaten Kepulauan Meranti pernah cukup diperhitungkan dimana kita pernah meraih juara umum dua, namun dalam dua kali MTQ tingkat provinsi terakhir, peringkat kita jauh menurun hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama, saya yakin dengan rasa kebersamaan, kita dapat membangkitkan kembali dan meningkatkan potensi kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam MTQ provinsi sehingga bisa mewakili Provinsi Riau di MTQ Nasional," ujar Bupati Kepulauan Meranti.

“Bupati Kepulauan Meranti juga percaya dan yakin atas potensi yang dimiliki anak-anak kita di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mampu meraih prestasi, sebagai bukti kita mewajibkan seluruh peserta yang bertanding baik MTQ kecamatan, MTQ kabupaten maupun MTQ provinsi harus anak-anak daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, jangan pernah sekalipun menggunakan anak dari luar daerah," katanya lagi.

Untuk meningkatkan kemampuan Qori dan Qoriah Kepulauan Meranti, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah mengupayakan Training Centre (TC) atau pemusatan latihan yang intensif bagi Qari’ dan Qari’ah potensial dengan tenaga pengajar profesional agar mampu membina para Qori dan Qoriah meraih prestasi maksimal, lebih jauh disampaikan Bupati H. Muhammad Adil, pelaksanaan MTQ ini sekaligus untuk meninggikan dan memuliakan Ql-Qur’an, sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW. Karena sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab ini dan dia akan menghinakan kaum lainnya dengan kitab ini.

Kemudian, “karena MTQ tahun ini terlaksana di tengah pandemi Covid-19, tak lupa Bupati H. Muhammad Adil mengajak kepada semua warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, dan lebih khusus lagi kepada panitia penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan secara konsisten dan ketat, mari bersama kita mendoakan agar wabah ini segera berakhir," harapan Bupati Kepulauan Meranti.

Bupati Kepulauan Meranti meminta kepada para kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaan nanti didapat Qari’ dan Qori’ah terbaik Kabupaten Kepulauan Meranti, yang akan menjadi duta pada MTQ tingkat provinsi dannasional, kepada Dewan Hakim kami berharap dapat melakukan penilaian dengan objektif jujur dan ikhlas sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. “Jangan sampai ada pemenang titipan," pinta Bupati H. Muhammad Adil.

"Kepada Dewan Hakim selamat menjalankan tugas dan kepada peserta selamat bertanding semoga meraih prestasi gemilang, sebagai apresiasi kepada juara MTQ kali ini Bupati H. Muhammad Adil, berjanji akan memberikan Umroh gratis kepada 20 peserta berprestasi selain itu kepada Qori' dan Qori'ah yang sedang menjalani kuliah diperguruan tinggi akan diberikan beasiswa kuliah gratis, (Sp)