Bupati Meranti Lakukan Monev dan Silahturahmi Ke Warga Pulau Merbau dan Tasik Putri Puyu

Ahad, 04 April 2021

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di Kecamatan Pulau Merbau dan Tasik Putri Puyu sekaligus silahturrahmi bersama warga, kegiatan tersebut dalam rangka melihat kondisi infrastruktur dan menyerap aspirasi warga, melalui program "Ketuk Pintu Melayani dengan Hati", (3/4/2021).

Turut serta bersama Bupati Kepulauan Meranti, legislator Kepulauan Meranti Auzir, Staf Ahli Bupati, Jajaran Kepala OPD Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, Camat Tasik Putri Puyu Masdiana, Camat Merbau Abdul Hamid, Para Kepala Desa Se-Kecamatan Pulau Merbau, Merbau dan Tasik Putri Puyu, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pemuda setempat.

Lokasi pertama yang dikunjungi Bupati Kepulauan Meranti adalah Desa Baran Melintang Pulau Merbau, Bupati H. Muhammad Adil dan rombongan berkesempatan meninjau SMPN 3 Pula Merbau yang terkena abrasi air laut, sebagai solusi bupati meminta kepada kepala desa yang didukung Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti untuk melakukan penimbunan.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil dalam kesempatan itu langsung menggelar pertemuan dengan Camat, Kepala Desa dan para tokoh masyarakat untuk mendengarkan masukan dan saran terkait pembangunan di Kecamatan Pulau Merbau.

Kepala Desa Baran Melintang Penti Kurniawan mengucapkan terima kasih yang tinggi atas kunjungan bupati dan rombongan di Desa Baran Melintang dikatakan Kepala Desa Baran Melintang menjadikan daerah potensial untuk dijadikan lokasi pengembangan budidaya ikan keramba, untuk itu ia berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata perikanan.

Setelah mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh masyarakat, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, berjanji akan berupaya membangun Kecamatan Pulau Merbau yang sebagaimana disampaikan Kepala Desa Baran Melintang dan akan menjadi prioritas bupati adalah pembangunan jalan tanah penghubung Centai-Tj. Bunga dan Renak Dungun.

Untuk penunjang pelayanan kesehatan Bupati Kepulauan Meranti juga akan memberikan Ambulance Laut yang akan disiagakan di Desa Baran Melintang kemudian kepada desa yang di Kecamatan Pulau Merbau. Bupati juga meminta penganggaran dana untuk mengirimkan anak-anak di desa untuk belajar di pesantren.

Semua desa wajib mengirimkan minimal 6 Santri untuk belajar di Pesantren agar nantinya dimasing-masing desa terdapat hafiz Al-Qur'an, dalam pertemuan bersama camat dan tokoh masyarakat Pulau Merbau, Bupati juga menyampaikan "7 program strategis yang akan dijalankan selama kepemimpinannya, pembuatan KTP online 1 hari siap, bea siswa pendidikan untuk anak-anak kita di Kepulauan Meranti target 1 desa 50 sarjana baik S1, S2 dan doktoral", kata bupati.

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah menganggarkan dana 12.5 miliar silahkan anak-anak Kabupaten Kepulauan Meranti yang mau kuliah, untuk mobilitas siswa penunjang proses belajar mengajar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tahun ini akan memberikan sepeda gratis bagi anak SD Kelas 4, 5, 6 dan SMP Kelas 1, 2, 3 dan tahun ini kita akan memberikan 6 ribu sepeda gratis untuk anak-anak yang masih sekolah di Kabupaten Kepulauan Meranti," katanya lagi.

Bukan hanya sepeda gratis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti juga akan memberikan baju gratis bagi anak PAUD, TK dan SD yang baru mendaftar dan yang juga nanti akan memberikan honor kepada para guru komite, sarjana S-1 sebesar 2 juta rupiah/bulan, serta umroh gratis bagi para imam masjid dan mushola di Kepulauan Meranti dan 20 orang Qori dan Qoriah yang berhasil meraih prestasi gemilang pada MTQ kabupaten tahun 2021 ini.

Usai di Kecamatan Pulau Merbau Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil berserta rombongan meneruskan perjalanan menyebrang di Kecamatan Merbau, H. Muhammad Adil juga berkesempatan meninjau kondisi pasar Suka Ramai Teluk Belitung Kecamatan Merbau, pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti berjanji kepada para pedagang untuk merehap bangunan pasar Teluk Belitung agar terlihat lebih rapi dan representatif.

Usai melakukan kegiatan di Kecamatan Pulau Merbau, rombongan terus menjalankan perjalanan menuju ke  Kecamatan Tasik Putri Puyu tepatnya Desa Bandul, di sini Bupati H. Muhammad Adil juga menggelar silahturrahmi dan dialog dengan masyarakat ada beberapa prioritas pembangunan yang diusulkan warga kepada Bupati H. Muhammad Adil, serta disampaikan Toha salah seorang tokoh masyarakat mengusulkan pembangunan jalan Mengkirau sampai Tj. Padang dapat menjadi prioritas dalam upaya mendongkrak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga pengadaan Kempang dibeberapa pelabuhan, yakni Kuala Asam, Pacul, Tj. Pisang yang saat ini jumlahnya sedikit, kemudian juga pebaikan jalan menuju Pelabuhan Tj. Padang yang tidak bisa dilalui jika hujan turun, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti setelah mendengarkan semua masukan dari masyarakat akan berjanji akan mengupayakan realisasi usulan tersebut sesuai dengan kekuatan anggaran yang ada.

Salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan Pelabuhan Permanen di Selat Akar dengan menggunakan dana DAK dan Bupati H. Muhammad Adil, juga memaparkan 7 program prioritasnya diantara yang disampaikan adalah akan mencetak ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (sapi, kambing, ayam), petani dan nelayan dan memberikan pelatihan masyarakat pada Balai Latihan Kerja agar mandiri dan mampu membuka lapangan kerja baru, Program Keluarga Harapan bagi masyarakat kurang mampu di Kepulauan Meranti dengan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT.)

Bupati juga berkesempatan mengunjungi Kantor Camat Tasik Putri Puyu untuk berdialog dengan para kepala desa. Kepada kepala desa Bupati Kepulauan Meranti mengingatkan agar penggunaan Anggaran Dana Desa disinergikan dengan 7 program strategis Bupati, sehingga apa yang direncanakan, yakni menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat dapat sukses dari Kabupaten hingga pelosok desa.

Selain itu Bupati juga menyampaikan kabar gembira kepada kepala desa dimana kabupaten akan memberi tambahan dana operasional Kades sebesar 50 ribu/hari.

Lokasi terakhir yang dikunjungi Bupati H. Muhammad Adil dan rombongan adalah Desa Sungai Anak Kamal di Kecamatan Merbau, disitu Bupati bersilahturrahmi dengan masyarakat setempat seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan warga kepada dirinya, kepada masyarakat bupati juga berharap untuk tetap jaga kekompakan karena tanpa kerja sama semua pihak membangun Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat tentu sangat sulit. (Sp)