4.123 Pemudik Positif Covid-19, Ketua DPR Minta Pemda Tracing Warga yang Lolos Penyekatan

Rabu, 12 Mei 2021

Caption : Puan Maharani saat meninjau Tol Cikampek, di Cikarang Barat, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). Humas

BEDELAU.COM --Menyaksikan tingginya mobilisasi masyarakat di tengah penerapan larangan mudik oleh Pemerintah saat ini, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan desakannya agar Pemerintah Daerah (Pemda) segera mempersiapkan langkah antisipasi peningkatan penyebaran kasus Covid-19, diantaranya melalui penerapan tracing bagi setiap pemudik yang berhasil memasuki daerah masing-masing.

"Saya harap pemerintah daerah bergerak penuh melakukan tracing terhadap orang-orang ini. Ini angka yang sangat tinggi dan perlu dilacak benar-benar. Kita perlu tahu posisi mereka sekarang di mana? Ke mana mereka setelah dinyatakan hasil tes-nya positif, apakah diisolasi atau kembali bergerak?" ujar Puan Maharani saat meninjau Tol Cikampek, di Cikarang Barat, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).

Ditegaskan Puan, desakan itu disampaikannya usai menerima laporan hasil tes random yang dilakukan pemerintah terhadap pemudik seiring dengan pengetatan yang dilakukan Polri di 381 lokasi serta Operasi Ketupat. Dari 6.742 pemudik yang dites, 4.123 di antaranya terkonfirmasi positif.

"Sebanyak 4.123 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, harus dilacak keberadaannya guna memutus rantai penyebaran virusnya," lanjutnya.

Selain melakukan tracing, Puan juga meminta Pemda menyiapkan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi gelombang peningkatan kasus Covid-19 usai Lebaran nanti.

"Kita tidak ingin terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 pasca lebaran, tetapi kita harus selalu siap," pukasnya.**

 

 

Sumber: cakaplah.com