Kendala Teknis PPDB, Pemprov Riau akan Lakukan Secara Offline

Rabu, 16 Juni 2021

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy

BEDELAU.COM --Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu hasil konsultasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terkait solusi tertundanya pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online jenjang SMA/SMK dan SLB negeri di Riau yang tertunda karena kendala teknis penganggaran.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy mengatakan, terkait persoalan PPDB online di Riau pihaknya masih menunggu hasil konsultasi Kepala Dinas Pendidikan Riau dari Kemendikbud.

"Jalan keluar persoalan PPDB tetap minta pengarahan dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud. Apakah boleh tidak PPDB online itu menggunakan dana operasional sekolah. Jadi kita tunggu hasil konsultasinya," kata Masrul Kasmy , Rabu (16/6/2021).

Namun jika konsultasi ke Kemendikbud juga tidak membolehkan dana PPDB online menggunakan dana operasional sekolah, pihaknya berencana akan menerapkan pendaftaran PPDB secara onfline.

"Kalau gak boleh menggunakan dana operasional, offline lagi, model biasa tidak online atau manual, dan teknisnya nanti diatur. Tapi kan belum ada hasil konsultasinya. Kita tunggu dulu Kadis Pendidikan pulang konsultasi," terangnya.

Ditanya apakah pelaksanaan PPDB online bisa melalui dana komite sekolah, Masrul menyampaikan jika hal itu sudah dipikirikan pihaknya. Hanya saja itu tidak memungkinkan karena akan membebani masyarakat.

"Itu yang tidak kita inginkan, karena kita sudah komitmen zero pungutan. Artinya tidak ada lagi pungutan-pungutan dari masyarakat," tegas mantan Pjs Bupati Rokan Hulu ini.***

 

Sumber: cakaplah.com