Pemdes Deluk Gelar STQ ke-VII Tingkat Desa

Rabu, 30 Juni 2021

STQ : Kepala Desa Deluk Azman, S.Ag dan perangkat desa menekan tombol serinai tanda dibukanya pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-VII tingkat Desa Deluk, Kecamatan Bantan, Selasa (29/6/2021)

BANTAN,BEDELAU.COM — Suara serinai terdengar begitu keras dari bangunan Serba Guna Desa Deluk. Serinai memberi tanda dibukanya secara resmi, pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-VII tingkat Desa Deluk, Kecamatan Bantan, Selasa (29/6/2021) malam.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap mengkedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Ada sekitar kurang lebih 50 tamu undangan, terdiri dari perangkat desa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan anak-anak hadir dalam kegiatan itu. Walaupun ditengah hujan gerimis, tapi tidak menyurutkan semangat masyarakat dan pemerintah desa.

Pelaksanaan perdana di Tahun 2021 ini, menjadikan momen terpenting bagi Desa Deluk, untuk menggali potensi desa, terutama dalam sektor keagamaan serta seni membaca Al-Qur’an. Apalagi, Desa Deluk merupakan desa baru hasil pemekaran Desa Jangkang, yang dikenal berada persis berhadapan dengan negara jiran Malaysia dan masyarakat yang suka migrasi ke Malaysia untuk mencari nafkah.

Momen STQ ini tentunya menjadi momen paling berharga bagi masyarakat Desa Deluk. Sebab, disinilah masyarakat bisa berbaur dengan pemerintah desa, untuk menggali potensi-potensi desa. Hal itu diutarakan Kepala Desa Azman, S.Ag saat membuka resmi kegiatan STQ ke-VII tingkat Desa Deluk.

“Ini momen paling berharga bagi kita semua. Karena tahun ini bisa melaksanakan STQ ke-VII tingkat Desa Deluk. Tema tahun ini sengaja kita ambil dengan judul, mari kita pererat ukhuwah Islamiyah dan Pengembangan Al-Qur’an, menuju masyarakat sejahtera, mandiri dan berbudaya. Alhamdulilah, malam pembukaan STQ ini terlaksana dengan baik,”ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, sambung Azman, panitia pelaksana sengaja hanya mengikutkan cabang Tilawatil Qur’an dalam STQ, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa dengan peserta berjumlah 20 orang. Kegiatan STQ ini akan dilaksanakan selama 3 hari dan ditutup Jumat, 2 Juni 2021.

“STQ ini diharapkan tidak hanya seremonialnya saja, tapi yang jelas bisa menarik intisari dari kandungan Al-quran. Panitia juga menyiapkan piala serta uang pembinaan, bagi peserta yang meraih juara nantinya. Mari bersama-sama bisa membaca Al-quran. Selagi anak niat dan keinginan maka akan diraih. Selain itu juga ini menjadi momen memotivasi anak-anak untuk gemar mengaji,”terangnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB juga turut di isi dengan tausiyah agama langsung dari Ustadz Filusman, Lc. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Desa Jangkang Edi Sutrisno, Ketua BPD Desa Deluk Aprizal dan Ketua LAMR Kecamatan Bantan.(kr)