Dihadiri Ketua Baznas, Penutupan STQ Desa Deluk Meriah

Jumat, 02 Juli 2021

PESERTA TERBAIK : Tampak seluruh peserta STQ ke-VII tingkat Desa Deluk, Kecamatan Bantan yang menjadi peserta terbaik saat menerima penghargaan pada malam penutupan, Kamis (1/7/2021).(sukardi)

BANTAN,BEDELAU.COM — Buah Salak Buah Durian, Mari dimakan si anak raje. Kite galakkan membace Al-Qur’an, Kepada anak-anak kite semue. Demikian bunyi, bait pantun penutup yang dibacakan Kepala Desa Deluk Azman, S.Ag saat penutupan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-VII tingkat Desa Deluk, Kecamatan Bantan, Kamis (1/7/2021) malam.

Penutupan STQ berlangsung di Gedung Serba Guna Desa Deluk tersebut turut dihadiri Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis H. Ali Ambar, Lc, yang sekaligus didapuk untuk mengisi tausiah agama di malam penutupan STQ.

Selain Ketua Baznas, tampak hadir sejumlah undangan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jangkang dan Deluk, Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno, Ketua LAMR Desa Deluk dan seluruh perangkat desa Deluk serta masyarakat setempat.

STQ ke-VII kali ini sangat berkesan bagi anak-anak serta peserta dewasa, yang tampil di STQ. Sebab, STQ yang terselenggara merupakan kegiatan perdana di tahun ini, ditengah Pandemi Covid-19, peserta cabang Tilawatil Qur’an berupaya menjadi yang terbaik.

Kepala Desa Deluk Azman, S.Ag dalam sambutan penutupan STQ mengatakan, seluruh peserta yang tampil sangat luar biasa. Potensi ilmu seni baca Al-Qur’an mulai terlihat dikalangan anak-anak di desa. Tilawatil qur’an menurut Azman adalah wanaha untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Sehingga Al-Qur’an benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi muda, karena generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa.

“Saya berharap orang tua di desa ini mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak, terutama pendidikan budi pekerti dan akhlak serta agama. Sehingga mereka (anak-anak,red) nantinya memiliki budi pekerti dan akhlak serta agama dan tumbuh serta berkembang sebagai generasi yang tangguh, teguh iman,”ucap Azman.

Mantan penyuluh dan penggiat sosial di Kecamatan Bantan ini mengutarakan, pemerintah desa Deluk berharap kegiatan, yang telah dilaksanakan hendaknya menjadi acuan untuk masa-masa, yang akan datang.

“Sama-sama telah kita saksikan penampilan anak-anak kita. Untuk para juara agar dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinya, selain itu juga bagi yang belum mendapatkan juara agar terus belajar, sehingga bisa meraih prestasi yang diimpikan,”katanya.

Pada penutupan STQ ini, Azman turut mengucapkan terimakasih atas penghargaan kepada panitia pelaksana, yang telah sukses melaksanakan STQ tingkat Desa Deluk. Selain itu juga peran serta dewan hakim penilai, yang hari ini benar-benar telah bekerja sesuai dengan porsinya.

“Terimakasih kepada dewan hakim, yang sudah mencurahkan pikiran dan tenaganya dalam melakukan penilaian di STQ ini. Karena sudah berupaya fair dalam memberikan penilaian hingga menghasilkan para juara dan terbaik dari yang baik. Setahun ini, kita berkomitmen untuk meningkatkan lagi pelaksanaan pembinaan-pembinaan kepada anak-anak, agar prestasi anak-anak terus meningkat,”tutupnya.

Sebelum penutupan, STQ ke-VII tingkat Desa Deluk menampilkan para juara, yang hampir seluruh pesertanya terdiri dari anak-anak, remaja dan dewas. Satu persatu juara menerima penghargaan dari Kepala Desa, Ketua Baznas dan panitia pelaksana. Penutupan STQ ditandai dengan penekanan tombol serine tanda ditutupanya STQ ke-VII tingkat Desa Deluk, Kecamatan Bantan.(kr)