Lihat Toilet Pelabuhan Ro-Ro Sei Selari Jorok, Ini Kata Bupati Bengkalis

Senin, 26 Juli 2021

TOILET: Bupati Bengkalis Kasmarni melihat dan mendapati kondisi toilet yang sangat jorok di Pelabuhan Ro-Ro Bengkalis Sungai Selari dan Air Putih, Senin (26/7/2021).(M.Rafi'i)

BENGKALIS, BEDELAU.COM —Gotong royong di pelabuhan Ro-Ro Air Putih, Kecamatan Bengkalis langsung dipimpin Bupati Bengkalis Kasmarni, Senin (26/7/2021) pagi. Gotong royong tersebut diikuti seluruh kepala perangkat daerah (PD) lingkup Pemkab Bengkalis.

Awalnya gotong royong di pelabuhan Ro-Ro Air Putih berlangsung dengan penuh kebersamaan. Namun usai melaksanakan gotong royong, Bupati Bengkalis Kasmarni langsung menuju ke pelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu.

Dipelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, Kasmarni dikejutkan dengan kondisi MCK pelabuhan yang jorok dan tidak terawat bahkan toiletnya juga sangat memprihatinkan.  Melihat kondisi tersebut, Bupati Kasmarni langsung kesal dan kecewa atas kondisi toilet pelabuhan, yang tidak layak untuk dipergunakan, sebagaimana mestinya.

“Saya  sudah sering mendengar keluhan warga terkait persoalan pelayanan pelabuhan Ro-Ro ini. Jujur, hari ini saya sangat kesal saat melihat kondisi toilet di pelabuhan Ro-Ro, baik yang di Air Putih maupun di Sungai Selari. Saya sudah mendengarkan kabar ini sejak lama, dan kali ini saya melihat langsung keadaannya. Ternyata keadaannya sangat kotor dan tidak terawat,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, atas ketidaknyamanan ini Pemkab Bengkalis meminta maaf kepada seluruh masyarakat maupun wisatawan yang ingin mengunjungi Bengkalis.

“Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Dalam seminggu ini, saya sudah mengintruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menyelesaikan masalah yang selama ini dielukan masyarakat,”paparnya.

Dikatakannya lagi, Ro-Ro ini adalah pintu masuk dan sebagai cerminan. Sehingga pintu masuk menuju Bengkalis ini harus bersih dan nyaman, bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin ke Bengkalis.

“Pelabuhan ini merupakan cerminan kita ada di sini. Saya berharap hal ini kedepannya dapat diperhatikan. Lihat toilet ini, ada kotoran seperti ini siapa yang mau buang air di sini kalau keadaan macam gini. Saya saja pas masuk sudah tidak tahan. Masalah ini menjadi catatan khusus bagi saya kepada petugas Dishub. Tolong perhatikan kebersihan toilet di sini," kesalnya.

Tak cukup sampai di situ, Bupati Bengkalis Kasmarni langsung memerintahkan stafnya memanggil Kepala Dinas Perhubungan dan petugas Dishub yang diberi tanggung jawab atas pelayanan kepelabuhanan.

"Toilet yang tidak layak dipakai itu segera ditutup, karena jika digunakan orang lain malulah kita. Untuk itu mari kita bersama-sama koordinasi dengan pihak terkait apabila ada kendala, jangan dibiarkan begitu saja, kebersihan ini harus kita jaga, inilah yang paling penting ketika orang antri di Ro-Ro," tegas Bupati Kasmarni.(ra)