DPRD Dukung Pembentukan Kodam Baru di Riau

Sabtu, 11 September 2021

Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat.

PEKANBARU, BEDELAU.COM --Wakil rakyat di DPRD Riau mendukung penuh rencana pemerintah pusat membentuk Kodam di Riau. Hal ini dikarenakan Riau merupakan daerah strategis di Indonesia.

Sebelumnya, Tim Litbang Pusterad berkunjung ke Riau dalam rangka melaksanakan kajian pembentukan Kodam baru di Provinsi Riau.

Tim Litbang TNI Angkatan Darat (AD) itu untuk mempersiapkan Kodam baru yang merupakan pengembangan dari Kodam Bukit Barisan.

Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat mengatakan pihaknya akan mendukung penuh bersama-sama di dewan rencana itu.

Dijelaskan, rencana pemerintah pusat merupakan bukti pemerintah pusat memiliki perhatian khusus ke Riau, karena pusat melihat Riau merupakan daerah yang strategis.

"Kita akan mendorong pembentukan Kodam itu, agar Riau memiliki daya saing yang kuat tidak hanya dengan provinsi tetangga juga negara tetangga," kata Ade Hartati.

Ke depan, menurutnya Riau akan menghadapi banyak tantangan, apalagi Riau berbatasan dengan negara tetangga. Maka perlu jika memang diletakkan Kodam di Riau.

Untuk diketahui, pembentukan Kodam baru ini masih dalam kajian sehingga Tim Litbang TNI AD perlu turun ke Riau dan juga ke Kepulauan Riau, serta Sumatera Barat (Sumbar). Karena direncanakan Kodam baru mencakup tiga wilayah itu.