Pabrik Baterai Mobil Listrik Rp 15 T di Karawang Mulai Dibangun

Rabu, 15 September 2021

BEDELAU.COM --Hari ini pabrik baterai kendaraan listrik milik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat mulai dibangun. Pabrik ini memiliki nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau setara Rp 15,62 triliun (kurs Rp 14.200).

Dimulainya pembangunan (groundbreaking) pabrik baterai kendaraan listrik ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Karawang.
 
"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia saya nyatakan dimulai," ucapnya disiarkan dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/9/2021).
 
Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, pabrik milik HKML Battery Indonesia merupakan pabrik baterai kendaraan listrik pertama, bukan hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara.
 
"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar," tuturnya.
 
Jokowi melanjutkan pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam melakukan hilirisasi di industri.
 
"Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi masuk ke industrialisasi. Menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis kepada pengembangan inovasi teknologi," tutupnya.

Pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik hari ini merupakan bagian dari rencana investasi Korea Selatan di hilirisasi nikel untuk menjadi produk kendaraan listrik senilai US$ 9,8 miliar atau setara Rp 142 triliun.

 

Sumber: [detik.com]