DMDI Bengkalis Jajaki Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Bengkalis

Rabu, 15 September 2021

LIHAT ALAT SULING: Ketua DMDI Riau bersama Direktur Polbeng Joni Custer saat melihat alat penyulingan daun serai menjadi minyak aserai wangi di kampus Polbeng, Rabu (15/9/2021).

BENGKALIS, BEDELAU.COM ---Meski baru terbentuk kepengurusan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Bengkalis. Sejumlah pengurus telah mencoba menjajaki kerjasama saling menguntungkan dengan perguruan tinggi (PT) di Bengkalis, Rabu (15/9/2021).

DMDI Kabupaten Bengkalis yang hari ini telah memiliki komposisi pengurus menjajaki kerjasama bidang pendidikan bersama Politeknik Negeri Bengkalis.

Untuk memperkuat organisasi serumpun Melayu dengan keanggotaan lebih dari 25 negara ini,  Ketua DMDI Bengkalis Darma Firdaus S bersama Ketua Umum DMDI Riau Datok Ajis bersilaturrahmi dengan Direktur Polbeng,  Joni Custer di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, DMDI Bengkalis menawarkan kerja sama dengan Polbeng, khususnya dalam pengolahan daun serai wangi menjadi minyak serai wangi. Penawaran itu disambut baik oleh Polbeng, karena saat ini Polbeng melalui program pemberdayaan masyarakat sudah melakukan kerja sama.

Ketua DMDI Bengkalis Darmua Firdaus mengatakan  saat ini DMDI Riau sedang mengelola  perkebunan serai wangi yang dijadikan minyak Atsiri. Ditambah lagi perkebunan serai wangi di Bengkalis potensinya cukup besar.

"Kami ingin merangkul Polbeng dalam mengelola kebun serai wangi yang saat ini sudah ditanam. Tentunya, untuk pengelolaan ini perlu teknologi penyulingan minyaknya. Karena saat ini minyaknya memiliki nilai ekonomis yang besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sedang  Ketua DMDI Riau  Datok Ajis juga menyampaikan, saat ini di Riau pihaknya sudah mengembangkan perkebunan serai wangi yang luasnya mencapai ratusan hektare, termasuk salah satunya di  Bengkalis.

"Kami memang memerlukan kerjasama seperti Polbeng, tentu melalui pengembangan teknologi serta pembinaan dari perguruan tinggi sangat diharapkan," ujarnya.

Menanggapi keinginan kerjasama tersebut, Direktur Polbeng Joni Custer menyambut baik. Karena  pihaknya melalui program pengembangan dan pengabdian masyarakat sudah melakukan kerjasama dan tentunya jika DMDI Bengkalis dan Riau ingin menjalin kerja sama pihaknya menyambut baik.

"Saat ini kami sudah ada kerja sama dengan masyarakat untuk membuat alat pengolahan atau alat suling daun serai yang sudah diuji coba. Sudah ada alamatnya dan sudah diuji coba serta menghasilkan minyak serai wangi. Alat ini nantinya akan kami serahkan ke masyarakat yang sudah menjadi binaan kami," ujarnya.(ra)