Kapal MV Doreen Berbendera Panama Terbakar

Senin, 18 Oktober 2021

FOTO : Kapal kargo multipurpose MV Doreen, bendera Panama terbakar di perairan selat bengkalis tepatnya di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Bantu, Bengkalis terlihat jelas.

BENGKALIS, BEDELAU.COM  –Satu unit kapal kargo multipurpose MV Doreen, bendera Panama terbakar di perairan Selat Bengkalis tepatnya di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Bantu, Kabupaten Bengkalis. Musibah itu terjadi, Ahad (17/10/2021) lalu, sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurut sumber dilapangan, kebakaran kapal ini terjadi ketika kru kapal melakukan muatan di STS Sungai Pakning. Namun pada saat melakukan penutupan palka No. 2 terjadi kebakaran yang disebabkan oleh pecahnya pipa hidrolik dan mengenai panel listrik di palka No 2.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Patroli, Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton, Embing Sukarriya saat dikonfirmasi media ini, Senin (18/10/2021) membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Menurutnya, api berasal dari pecahnya pipa hidrolik yang mengenai panel listrik saat menutup Palka nomor 2 ketika kapal tersebut melakukan aktifitas muat.

"Saat itu mereka sedang melakukan muat di STS Sungai Pakning, ketika melakukan penutupan palka No. 2 terjadi percikan api dan kebakaran disebabkan oleh pecahnya pipa hidrolik dan mengenai panel listrik di palka No.2,"  ujar Embing Sukarriya.

Melihat percikan api katanya lagi, para awak kapal segera memadamkan dengan menggunakan alat APAR yang ada di kapal. Sementara pihak PT Pertamina RU II Sungai Pakning juga ikut mengerahkan kapal khusus pemadam kebakaran. Berselang 30 menit kemudian api berhasil dipadamkan.

Disebutkan Embing, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun, akibat kejadian ini  untuk sementara aktifitas muat di kapal MV Doreen dihentikan sementara. Setelah kejadian awak kapal memeriksa kondisi kapal dan memastikan tidak ada korban jiwa. Saat ini kapal tersebut dalam kondisi baik dan masih berlabuh di perairan Sungai Pakning.

"Selain membantu memadamkan api, pihak Pertamina Sungai Pakning juga berkoordinasi dengan semua instansi terkait," ujarnya.(ra)