BSI Buka Kantor di Dubai, Erick Thohir: Ini Jejak Pertama di Pasar Global

Sabtu, 06 November 2021

BEDELAU.COM -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen mendukung program BUMN Go Global yang dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Terkait dengan itu, BSI secara resmi menerima Letter of Incorporation (LoI) ijin prinsip kantor perwakilan di Dubai, dari Dubai International Financial Center (DIFC), pada Jumat (5/11/2021). 
 
Dengan LoI tersebut, BSI resmi menjadi bagian dari DIFC, sekaligus dapat membuka pasar di wilayah Timur Tengah. Hal itu, sejalan dengan tujuan BSI untuk menjadi pemain kunci dalam industri perbankan syariah global. 
 
Menanggapi izin pembukaan kantor BSI di Dubai, Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan hal ini merupakan penanda rekam jejak pertama BSI di pasar global. 
 
Menurut dia, hal itu sekaligus menempatkan BSI sebagai bank Indonesia pertama yang memiliki kantor perwakilan di kawasan Timur Tengah. Dengan ekspansi ini, BSI berharap dapat mewujudkan misinya sebagai Top 10 Global Islamic Bank berdasarkan kapitalisasi pasar pada 2025. 
 
“Kehadiran BSI di Dubai diharapkan tidak hanya dapat berkontribusi pada pengembangan industri perbankan syariah di Indonesia, Tetapi juga dapat mempererat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah khususnya Uni Emirat Arab (UEA). Terlebih UEA adalah salah satu pusat investasi global, di mana Dubai adalah pusat keuangan syariah global, termasuk Sukuk,” Erick Thohir. 
 
Menteri BUMN berharap, BSI dapat mengoptimalkan potensi bisnis di Dubai dan menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan investor global, untuk menginvestasikan dananya pada proyek-proyek pemerintah, BUMN dan juga untuk proyek-proyek pembangunan lainnya di Tanah Air.
 
“Tentunya, kehadiran BSI di Dubai juga diharapkan akan memudahkan akses bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mencari layanan dan informasi keuangan guna memberdayakan bisnis ekspor dan impor ke Timur Tengah. Hal ini perlu ditekankan untuk memperkuat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi Indonesia khususnya pasca pandemi Covid-19,” tutur Erick Thohir.
 
 
Sumber: [inews.id]