Hadiri Rakor Pembentukan Puskesos, Wabup Inginkan Program Bermasa Sukses dengan Baik

Jumat, 19 November 2021

RAKOR : Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso menghadiri Rakor Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Tampak Bagus Santoso saat bincang-bincang dengan Wakil Gubernur Riau Brigjend TNI (P

BENGKALIS, BEDELAU.COM —Wakil Bupati Bengkalis yang juga merupakan Ketua Tim Koordinator Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Bengkalis menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), Kamis (18/11/2021).

Acara yang diselenggarakan di Hotel Bono tersebut, melibatkan Wakil Bupati se-Provinsi Riau dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, dimana kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution.

Rapat tersebut diselenggarakan mengingat pada masa Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar khususnya di bidang ekonomi sehingga jumlah masyarakat kurang mampu di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau meningkat.

Dikatakan Wakil Gubernur Riau, dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, dibutuhkan pendekatan dan strategi yang komprehensif dan terintegrasi.

"Sehingga kita bisa memperhatikan dan menindaklanjuti tingkat kemiskinan di Kabupaten/Kota lebih baik, dan berbagai bantuan yang diserahkan juga tepat sasaran," ujar Wakil Gubernur.

Pemerintah, lanjut Wakil Gubernur, berkomitmen untuk selalu mendukung penuh upaya penurunan tingkat kemiskinan melalui penguatan sistem perlindungan sosial.

Kehadiran Puskesos ini nantinya sambungnya, diharapkan bisa menjadi upaya dalam meningkatkan akses layanan kesejahteraan sosial yang luas bagi masyarakat.

"Jadi kita berharap, kehadiran Puskesos di Provinsi dan Kabupaten/Kota bisa menjadi inovasi terhadap percepatan pelayanan publik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkalis usai menghadiri acara tersebut menyatakan siap untuk menjalankan tugasnya sebagai TKPK Kabupaten Bengkalis.

"Jadi nanti kita akan mendata ulang kembali masyarakat yang terdata dalam penerima bantuan, selama ini memang sasarannya dilihat agak kurang tepat dan akan kembali kita evaluasi," ujar Wakil Bupati Bengkalis.

Lebih lanjut, mantan Anggota DPRD Provinsi Riau tersebut juga mengatakan akan melakukan pendekatan kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Kita akan melakukan pendekatan dengan pihak perusahaan supaya mereka bisa menyalurkan CSR nya dalam memperhatikan masyarakat, membantu mereka yang kurang mampu di daerah kita. Saat ini, di Kabupaten Bengkalis itu di perusahaannya ada yang menyalurkan bantuan untuk anak yatim, dari BAZNAS juga untuk anak yatim, dan dari Dinas Sosial juga untuk anak yatim, nah jadi dengan terbentuknya Puskesos ini diharapkan bisa memberikan porsi yang merata dalam memberikan bantuan ," tuturnya.

Di Kabupaten Bengkalis sendiri lanjutnya, kedepannya akan memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, beasiswa kepada para pelajar dan juga bantuan kesejahteraan masyarakat yang akan kita salurkan secara bertahap.

"Hal ini sudah menjadi program prioritas yang telah diusung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, jadi saya mohon dukungan dan doa agar kedepannya saya bersama Ibu Bupati Bengkalis bisa membangun Kabupaten Bengkalis Bermasa (Bermarwah, Maju dan Sejahtera)," tuturnya.(ra)