Tim Mahasiswa Unilak Juara Tiga Lomba Orasi Unjuk Rasa Peringatan Hari HAM Piala Kapolri Yang Diadakan Polda Riau

Senin, 06 Desember 2021

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Tim mahasiswa Suara Rakyat Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru berhasil meraih juara tiga lomba orasi unjuk rasa bertemakan Hak Asasi Manusia Piala Kapolri yang diadakan oleh Polda Riau. Sabtu, (4/12/2021)

Pelaksanaan lomba digelar di kompleks purna MTQ Pekanbaru, yang dibuka oleh Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, 10 tim peserta, yaitu Elang Riau, Fokum Ar Rahman, PMK RI, Revolusi Unri, Mabat, Sokoguru, Pejuang Kaffah, Kansas, Suara Rakyat dan STIE Riau. Peserta merupakan mahasiswa dari  Perguruan Tinggi yang ada di Riau.

Tim Mahasiswa Unilak yang ambil bagian, yaitu Nuri Hamzah Panggabean, Juli Aryati Br. S, Gino Septian Hutabarat, Agel Purwanda, Kosengan Zai, Risman Zebuadan Edo Fritz Martin B.

"Tim mahasiswa Unilak kami beri nama Suara Rakyat, kami senang bisa mendapatkan juara tiga, tema yang kami angkat adalah penolakan hukuman mati bagi terpidana narkotika". ujar Agel Purwanda mahasiswa Fakultas Hukum Unilak.

Dijelaskan Agel, tema yang kami suarakan dalam lomba Orasi adalah tentang Hak Asasi Manusia, maka kami menggugat dan mendorong pemerintah untuk mengubah regulasi daripada UU Narkotika tentang hukum mati bagi terpidana narkotika, sebab ini sangat bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 28A tentang setiap orang berhak untuk hidup dan mempertahankan kehidupannya serta UU No. 39 Tahun 1999 Pasal 1 yang menyebutkan pada hakekatnya kehidupan merupakan karunia daripada Tuhan yang Maha Kuasa sehingga hidup dan mati insan manusia adalah di tangan Tuhan dan negara melalui Polri sebagai penegak hukum tidak memiliki hak untuk merenggut nyawa seseorang sekalian dengan kesalahan yang telah ia lakukan.

Pelaksanan lomba berlangsung satu hari dan menerapkan protokol kesehatan. Beberapa tema yang dibawakan peserta diantaranya pelecehan seksual, intimidasi wartawan, narkotika dll. Dewan juri pada perlombaan orasi terdiri dari kalangan akademisi, Kemenag, aktivis HAM  perlindungan perempuan dan anak.  Atas keberhasilan tim Suara Rakyat Unilak mendapatkan uang tunai 2,5 juta dan piagam.  Sebagai juara satu, yaitu Tim PMK mendapatkan hadiah 5 juta+ piagam, juara dua Tim Sokoguru 3 juta rupiah+ piagam. (Rls)