Unilak Mou Dengan SMA 2 Pekanbaru, Rektor Unilak Motivasi Siswa Untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Jumat, 04 Februari 2022

PEKANBARU, BEDELAU.COM ---Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan sekolah SMA 2 Pekanbaru. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi dengan Kepala Sekolah Drs. Kasim. Selain penandatanganan kerjasama juga dilakukan motivasi dari Rektor dan tim Unilak. Jumat (4/02/2022).

Kerjasama berkaitan dengan peningkatan sdm siswa, guru, pelatihan, peningkatan kompetensi dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepada sekolah SMA 2 Pekanbaru Drs Kasim dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Rektor Unilak. SMA 2 Pekanbaru adalah sekolah yang berprestasi, berdiri sejak tahun 1965, sejak berdiri telah banyak alumni telah berhasil diantaranya adalah Bupati Inhil HM Wardan, Anggota DPR RI Drs Ahmad, dan Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho adalah beberapa alumni yang telah sukses. Jumlah siswa sebanyak 930an orang. Selain itu SMA 2 juga telah mendapatkan prestasi adiwiyata, selain itu juga ditunjuk sebagai sekolah kewirausahaan.

Sementara itu Dr Junaidi dalam motivasi menekankan bahwa dalam memasuki jenjang perguruan tinggi harus memiliki keinginan kuat. " Banyak orang yang mampu tapi tidak selesai kuliahnya, dan orang yang tidak mampu dapat menyelesaikan kuliahnya, ini adalah faktor niat."

Dijabarkan Dr Junaidi, selain soal faktor niat, dalam memilih perguruan tinggi juga perlu menentukan tempat kuliah. Sejak SMA harus sudah diputuskan tempat kuliah, tentunya harus dilakukan persiapan seperti nilai yang harus baik, karena akan bersaing dengan siswa siswa dari seluruh Indonesia. Jika keinginan tempat kuliah yang ditujukan tidak tercapai harus telah memutuskan tempat kuliah alternatif, harus berpikir alternatif ini  penting, yang penting bisa kuliah, persaingan saat ini ketat, maka dari itu kuliah mampu membuat kita siap untuk berkompetisi.

"Yang juga juga dalam kuliah  adalah menentukan jurusan, pilih jurusan yang anda sukai, diminati, karena dengan memilih jurusan yang disukai akan membuat kita enjoy selama kuliah. Jika jurusan yang dipilih ternyata berbeda dengan orang tua, maka solusinya adalah dengan melakukan dialog, bisa juga meminta pendapat dengan guru guru, jurusan yang kita pilih juga akan menentukan masa depan kita, " Ujar Dr Junaidi.

Saat memberikan motivasi Rektor Dr Junaidi juga berdialog dengan siswa-siswi sekolah, turut hadir dalam penandatanganan kerjasama Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Kabag Media Promosi M Revnu Ohara. M. Kom.