Hujan Semalaman Pulau Bengkalis Terendam Air

Kamis, 10 Februari 2022

BANJIR : Curah hujan tinggi di Ibukota Kabupaten Bengkalis membuat sejumlah ruas jalan dan rumah-rumah warga terendam banjir, Kamis (10/2/2022).(FOTO)

BENGKALIS, BEDELAU.COM —Curah hujan tinggi di Ibukota Kabupaten Bengkalis membuat sejumlah ruas jalan dan rumah-rumah warga terendam banjir. Meski tidak begitu parah dan tidak menyebaban korban jiwa. Namun, air yang tergenang hampir merata terjadi di Pulau Bengkalis, Kamis (10/2/2022).

Pantauan media ini dilapangan, curah hujan deras mengguyur sejak Rabu (9/2/2022) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Curah hujan itu tidak henti-hentinya mengucur deras hingga pukul 05.00 WIB dinihari. Curah hujan sedikit mereda, Kamis (10/2/2022), sekitar pukul 10.00 WIB. Sehingga aktifitas warga sedikit terbatas, dikarenakan curah hujan yang masih melanda.

Kondisi ini merupakan kondisi terparah di Tahun 2022. Sebab, tak hanya rumah masyarakat tapi perkantoran dataran rendah turut digenangi air. Salah satunya, Kantor Dekranasda Bengkalis, Jalan Arif Rahman, Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis. Terlihat air  menggenangi seluruh lantai kantor, hingga membuat penjaga kantor harus mengemas sejumlah peralatan bernilai, yang ada di lantai.

“Kondisi kantor Dekranasda turut terendam air. Tak biasanya seperti ini terjadi. Mudah-mudahan tidak ada dokumen yang rusak,”ungkap Said Bursa Mufrizal, yang juga pengurus Dekranasda Bengkalis, Kamis (10/2/2022).

Lantai keramik yang sejatinya tidak pernah digenangi air. Kali ini, tak terelakkan lagi. Bahkan rumah-rumah warga di Kecamatan Bantan serta seluruh desa-desa lainnya juga bernasib sama. Air menggenangi teras dan lantai rumah, tinggi tinggi mencapai mata kaki orang dewasa.

Seperti terjadi di Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis, tepatnya di Jalan Wonosari Tengah, Gang. Ojolali. Hampir seluruh rumah dan halaman terasnya tergenang air hingga setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa. Sehingga warga berusaha mengungsikan barang-barang berharga milinya.

Tak hanya rumah, hampir ruas jalan protokol di Bengkalis mulai dari Jalan Hangtuah, hingga Jalan Tandun tergenang air hingga selutut dan sampai berita ini terbit, curah hujan gerimis masih turun dan diprediksi akan ada curah hujan susulan.

Kepala Pelaksana BPBD Bengalis Hadi Prasetyo, Kamis (10/2/2022) kepada wartawan mengungkapkan, kondisi curah hujan sepekan ini begitu deras. Pihaknya berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada dan memprioritaskan keselamatan diri dan keluarga.

“Warga-warga yang rumahnya kebanjiran masih tetap bertahan. Mungkin mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Namun demikian kita terus memantau. Kami juga himbau agar mengjaga anak-anak mereka untuk tidak bermain di genangan banjir,”ujarnya.(ra)