Marc Marquez Buka-bukaan Tidak Suka dengan Tikungan 2 Sirkuit Mandalika, Ini Alasannya

Sabtu, 12 Februari 2022

Marc Marquez saat mengaspal di Sirkuit Mandalika dengan latar belakang keindangan alam di trek yang memiliki panjang 4,3 km ini. (Twitter/Repsol Honda) Foto: cakaplah.com

BEDELAU.COM  --Terlepas dari trek kotor pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, hari Jumat (11/02/2022), semua pembalap satu suara memuji layout.

Hal sama diutarakan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Namun secara khusus dari 17 tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika, juara dunia MotoGP enam kali ini ternyata paling tidak suka dengan T2.

Apa alasan pembalap asal Spanyol ini tidak suka dengan T2? "T1 (tikungan 1) saya sangat suka. Saya juga suka T3, ini sektor yang menarik dan juga T4. Namun T2 saya tidak suka, karena terlalu cepat," ujar Marc Marquez saat diwawancara situs MotoGP.

"T2 maksud saya, pada akhirnya kita akan di sana dan terus melaju, tapi ya ini sangat cepat. Juga masih ada sedikit bergelombang saat berada di tikungan itu," lanjut kakak dari Alex Marquez ini.

T2 Sirkuit Mandalika memang jadi salah satu sektor paling sulit. Karena menuju tikungan ini, motor akan melaju sangat cepat usai melibas sektor lurus cukup panjang usai T1.

Tapi masalahnya jarak antara T2 ke T3 sangat dekat dan ada perubahan arah antara dua tikungan ini. Artinya pembalap harus presisi dalam memainkan gas.

Bisa Jadi Keuntungan

Marc Marquez kemudian memberikan analisis seorang pembalap bisa memanfaatkan T2 Sirkuit Mandalika untuk mendapatkan catatan waktu yang kompetitif.

Namun untuk saat ini, ia enggan mengambil risiko besar. "Maksud saya jika Anda ingin mengambil risiko besar (di T2), Anda bisa membuat keuntungan di sini. Tapi untuk sekarang, lebih baik tetap santai," ujarnya.

Hari ini, para pembalap akan kembali mengikuti sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika. Diprediksi jika hujan tidak turun, para pembalap bisa semakin cepat dalam hal lap time.