Sejumlah Nama Disebut Jadi Calon Kuat Pj Gubri, LAM Riau Pesankan Hal Ini

Ahad, 03 Juli 2022

PEKANBARU, BEDELAU.COM --Masa jabatan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan berakhir pada ujung tahun 2023 karena percepatan Akhir Masa Jabatan (AMJ) terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Sejumlah nama pejabat tinggi madya (Eselon I), baik dari pemerintah pusat dan dan pemerintah daerah Riau mulai disebut-sebut sebagai calon Penjabat (Pj) Gubri tahun depan.

Informasi yang diterima ada beberapa nama yang digadang-gadang sebagai calon kuat sebagai Pj Gubri pada tahun 2023.

Diantaranya, Suhajar Diantoro (Sekjen Kemendagri), SF Hariyanto (Sekdaprov Riau), Elen Setiadi (Staf Ahli Menko Perekonomian), Erwin Dimas (Staf Ahli Kepala Bappenas), dan Budi Situmorang (Dirjen Kementerian ATR).

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Agung (DPA) LAM Riau, Tan Seri Syahril Abubakar  mengatakan, yang terpenting bagi pihaknya adalah, Pj gubermur nantinya harus mampu menyelesaikan tugas gubernur sebelumnya.

"Selanjutnya, harus mampu mengantarkan untuk suksesi Pilkada 2024. Jadi betul-betul dibutuhkan sosok birokrat senior yang berpengalaman, yang bisa melakukan pendekatan ke masyarakat, sekaligus memahami tugas teknis pemerintahan," kata Syahril.

Melihat beberapa calon yang mencuat, kata Syahril lagi, semuanya memiliki catatan riwayat yang sudah mumpuni, mulai dari Dirjen, staf ahli maupun Sekda.

"Saya kira untuk tugas-tugas pemerintahan pembangunan, kemasyarakatan, rasanya kita tak ragu lagi sama mereka. Ya terserah. Yang penting kita minta yang terbaik, karena tugasnya berat itu untuk melaksanakan Pilkada," cakapnya.

"Melaksanakan Pilkada ini penting, sehingga manti terpilih gubernur yang dipilih oleh masyarakat yang sesuai dengan harapan masyarakat, yang mampu menyelesaikan persoalan di Riau ini. Karena persoalan covid ini mau tak mau membuat pembangunan terlambat. Keterpurukan ekonomi, harga sawit yang anjlok," tukasnya.***

 

 

Sumber: cakaplah.com