Diselenggarakan Pemdes, 30 Perempuan Desa di Bantan Timur Ikuti Pelatihan Kuliner Lokal

Senin, 08 Agustus 2022

PELATIHAN : Kepala Desa Bantan Timur Sani bersama peserta pelatihan kuliner lokal bagi perempuan di Desa Bantan Timur, akhir pekan lalu.(sukardi)

BANTAN,BEDELAU.COM — Program ‘Bermasa’ khusus Desa Bantan Timur, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis melibatkan para ibu-ibu rumah tangga dan ibu kepala dusun. Salah satu kegiatan yang mengarah kepada pemberdayaan perempuan adalah pelatihan kuliner lokal desa.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Bantan Timur, Sani, Senin (8/8/2022). Pelatihan kuliner tersebut diikuti sekitar 30 orang peserta dengan menghadirkan tenaga pelatih dari PKK Kecamatan Bantan.

Pelatihan kuliner lokal desa, sambung Sani berlangsung Sabtu 6 Agustus 2022 lalu, selama satu hari penuh di aula kantor Desa Bantan Timur. Ini merupakan rangkaian program ‘Bermasa’ yang tujuannya agar para warga bisa kreatif dalam membuat masakan atau kuliner di desa.

“Pelatihan kuliner  lokal desa bagi perempuan desa, yang kita selenggarakan bertujuan, sebagai sarana bagaimana perempuan atau warga di desa, bisa berinovasi dan berkreativitas. Karena pelatihan kuliner lokal, yang dilaksanakan, nanti juga akan dilombakan melalui keterwakilan desa hingga ditingkat kecamatan,”kata Sani.

Dikatakan Sani, mentor dalam pelatihan kuliner lokal desa bagi perempuan desa berasal dari Tim PKK Kecamatan Bantan. Ini juga merupakan kegiatan perdana, yang dilaksanakan di Pemdes Bantan Timur. Melalui kegiatan ini, tentunya berharap akan ada perempuan-perempuan tangguh, yang mampu bersaing dalam menciptakan kuliner-kuliner lokal.

“Kabupaten Bengkalis, khususnya kecamatan Bantan terkenal dengan kulinernya. Tentunya, pelatihan kuliner ini menjadi pemicu semangat para perempuan untuk berkarya dengan kuliner-kuliner khasnya, khusus Desa Bantan Timur, maka perlu dilakukan pelatihan kuliner ini, sehingga dapat mendukung program pemerintah desa selanjutnya,”tutup Sani.(ra)