Ratusan Pemuda Langgam Demo PT RAPP, Tuntut Perusahaan Pro Masyarakat Tempatan

Jumat, 09 Desember 2022

PELALAWAN,BEDELAU.COM - Ratusan pemuda Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan- Riau, dengan menamakan dirinya, Poros Tengah Pemuda Langgam (PTPL) melakukan aksi Demo terhadap PT Riau Andaland Pulp & Paper (RAPP), Jumat (9/12/22).  Aksi tersebut  melakukan blokade jalan koridor PT RAPP km 28  di kelurahan Langgam.

Koordinator aksi M. Rizal menyampaikan aksi yang dilaksanakan oleh pemuda Langgam ini mendesak pihak PT RAPP, untuk agar memperhatikan kepentingan masyarakat tempatan, jangan hanya berinvestasi mengeksploitasi alam tempatan namun minim memperhatikan lingkungan.

"Ada beberapa tuntutan kami terhadap PT RAPP khususnya sektor langgam, yaitu  memberikan ruang tenaga kerja lokal terhadap pemuda tempatan sesuai aturan, membantu Pondok Tahfiz Al-Hidayah Langgam melalui dana CSR, tidak adanya Kontribusi PT RAPP Sektor Langgam terhadap Pemuda, penyediaan Beasiswa untuk pelajar " Ujarnya.

Selain mendesak persoalan di atas, kordinator Aksi juga meminta pihak Perusahaan, untuk membatasi kecepatan kendaraan operasional yang melintas di jalan koridor Langgam yang ramai dilalui penduduk, sebab sudah sering terjadi kecelakaan.

"Tolong mobil operasional PTSI  yang melintasi jalan yang ramai penduduk agar  memperhatikan keselamatan warga" tambahnya.

Dalam aksi ini  masa juga menyuarakan kepada pihak perusahaan hendaknya benar-benar merealisasikan kampanye mereka terhadap publik,  akan memperhatikan ekonomi kerakyatan melalui Local Business Development (LBD), atau Pengembangan Usaha Lokal, yang memberikan peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan kecil/ koperasi lokal untuk mendukung kegiatan operasi  dengan pola kemitraan usaha.

"Sejauh ini kita melihat PT RAPP kebanyakan Live Servis saja, namun di lapangan jauh dari pemberdayaan ekonomi masyarakat" tambahnya.

Aksi blokade jalan koridor PT RAPP ini yang di mulai pukul 14.00 - 15.30 wib akhirnya dihentikan, setelah melalui mediasi pihak kepolisian dan beberapa utusan manajemen PT RAPP, namun pemuda Langgam mengancam akan melakukan aksi yang lebih masif jika tuntutan ini tidak dipenuhi pihak perusahaan.

Terkait aksi demo dan tuntutan Pemuda Langgam ini, belum ada jawaban dari pihak manajemen PT RAPP. * ( JC