Hasil Piala Dunia 2022: Drama Adu Penalti, Argentina Juara!

Senin, 19 Desember 2022

Timnas Argentina Final (Bola.com/Adreanus Titus)

BEDELAU.COM --Trofi Piala Dunia 2022 akhirnya diangkat oleh Lionel Messi dan Argentina. Bertanding di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB, Tim Tango menang lewat adu penalti atas Prancis.

Argentina benar-benar menguasai pertandingan malam ini. Mereka bahkan tidak memberikan Prancis satupun peluang.

Pada babak pertama misalnya, enam peluang dicatatkan Argentina, tiga di antaranya on goal. Sebaliknya, Prancis tidak menghasilkan satupun kesempatan.

Argentina memimpin 2-0 pada babak pertama, tetapi Prancis berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua berkat dua gol Kylian Mbappe.

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah skor 2-2 bertahan.

Pada babak tambahan, Kylian Mbappe dan Lionel Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Skor 3-3 memaksa laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah semua penendang penaltinya berbuah gol, sementara dua pemain Prancis gagal melakukan tugasnya.

Babak I

Argentina langsung tampil menekan pada awal-awal babak pertama. Peluang dari Rodrigo de Paul menit 7' masih bisa ditahan pertahanan Prancis.

Prancis bukannya tanpa peluang. Skema serangan balik cepat sesekali diperagakan anak asuh Didier Deschamps. Sayang, upaya Kylian Mbappe di kiri maupun Ousmane Dembele di kanan tak ada yang berbuah gol.

Menit 22', Argentina mendapatkan hadiah penalti setelah Angel Di Maria dijatuhkan di kotak penalti oleh Dembele. Lionel Messi yang menjadi eksekutor tanpa cela membawa timnya memimpin atas Prancis.

Selepas gol pertama, Argentina terus mengunci pertahanan Prancis. Alhasil, menit 36', lagi-lagi lewat skema serangan balik, Argentina menambah gol kedua pada laga ini.

Angel di Maria menjadi pencetak gol menyambut umpan Alexis MacAllister. Pertahanan Prancis benar-benar diayam-ayamin oleh Argentina.

Hingga babak pertama usai, Prancis tertinggal 0-2 dari Argentina.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tak banyak perubahan yang ditampilkan kedua kesebelasan. Argentina masih lebih baik ketimbang Prancis dalam urusan penciptaan peluang.

Baru lima menit laga babak kedua berujalan, Rodrigo de Paul memperoleh kesempatan untuk menambah gol. Tapi tendangannya masih tepat di pelukan Hugo Lloris.

Menit 59', giliran Julian Alvarez yang memperoleh peluang. Memanfaatkan umpan Tagliafico, tendangan keras striker Man City itu masih bisa ditepis kiper Prancis.

Barulah menit 65', Prancis mendapatkan shot on goal, bahkan dua kali dalam waktu tiga menit. Tetapi, dua peluang tersebut tidak berbuah gol.

Prancis akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah dua gol Kylian Mbappe memaksa skor kembali imbang jadi 2-2.

Pada sisa pertandingan, tak ada gol tercipta. Skor 2-2 membuat Argentina vs Prancis berlanjut ke babak tambahan.

Babak Tambahan dan Adu Penalti

Pada babak tambahan, Argentina bermain keras demi menghentikan ritme Prancis yang sudah terbentuk. Korbannya adalah Adrien Rabiot, yang terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera di bagian kepala.

Meskipun Argentina bermain keras, Prancis tetap mampu mendominasi jalannya pertandingan. Tim Tango dibuat mati kutu dan kesulitan mengembangkan permainan.

Setelah memasukkan Leandro Paredes, permainan Argentina jauh lebih baik. Apalagi keberadaan Lautaro Martinez, Albiceleste jadi punya banyak opsi untuk membongkar pertahanan Prancis.

Martinez memiliki peluang merobek gawang Lloris, tapi tendangannya masih melebar di sisi kanan gawang.

Benar saja, menit 108' Argentina menambah gol, lagi-lagi lewat Messi. Tendangan Lautaro Martinez ditahan Lloris, tetapi bola liar mampu disambar oleh La Pulga.

Laga berjalan panas, terjadi keributan yang melibatkan pemain dari dua kesebelasan tersebut. Wasit sampai mengeluarkan kartu kuning, tetapi pertandingan kembali berlanjut dengan normal.

Menit 118', Kylian Mbappe menyamakan kedudukan sekaligus mencetak gol ketiganya pada laga ini. Lewat titik putih, bintang PSG itu memaksa pertandingan harus berlanjut ke adu penalti

Adu Penalti

Argentina: OOOO

Messi (gol)
Dybala (gol)
Paredes (gol)
Montiel (gol)

Prancis: OXXO

Mbappe (gol)
Coman (gagal)
Tchouameni (gagal)
Kolo Muani (gol)

Daftar Susunan Pemain

Argentina (4-4-2): Martinez; Molina, Romero, Otamendi, Acuna, De Paul, Enzo Fernández, Mac Allister; Di María, Messi, Julian Alvarez
Pelatih: Lionel Scaloni

Prancis (4-3-3): Lloris, Kounde, Varane, Upamecano, Theo Hernandez; Griezmann, Tchouameni, Rabiot; Dembélé, Giroud, Mbappe.
Pelatih: Didier Deschamps

 

 

 

Sumber: bola.com