Masuk Kebun Warga, Satwa Dilindungi Rusa Sambar Muncul di Rohul

Jumat, 30 Desember 2022

ROHUL,BEDELAU.COM --Seekor Rusa Sambar (Rusa Unicolor) terpantau keberadaannya di Desa Kepenuhan Sejati, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Hewan berbulu cokelat kehitaman itu terlihat bergabung dengan kawanan sapi.

Plt Kabid Wilayah II Balai Besar KSDA Riau, Hartono membenarkan adanya kemunculan seekor rusa sambar tersebut.

Hartono mengatakan informasi terkait kemunculan satwa tersebut didapat dari anggota Polsek Kepenuhan. Selanjutnya tim dari BBKSDA Riau segera turun kelokasi.

"Dari informasi yang diterima, satwa dilindungi itu terlihat bergabung dengan hewan ternak sapi. Kalau dilihat dari ukurannya, sudah beusia dewasa karena tanduknya sudah bercabang," terangnya, Jumat (30/12/2022). 

Ia menjelaskan, area lokasi memang merupakan sebagian habitat rusa sambar. Tahun lalu, timnya juga melakukan pengecekan di lokasi tersebut.

"Saat ini tim sudah turun kelokasi untuk segera melakukan evakuasi, sudah dipasang spanduk imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan ataupun memasang jerat," jelasnya.

Dilanjutkannya, saat ini rusa sambar termasuk ke dalam salah satu hewan dilindungi yang sudah terancam punah.

Untuk diketahui, rusa sambar termasuk satwa yang dilindungi UU no 5 Tahun 1990. Dengan ancaman pidana 5 tahun penjara dan denda 100juta rupiah.

 

 

Sumber: riauaktual.com