Harimau Masuk Kota, Bupati Siak Keluarkan Imbauan

Ahad, 22 Januari 2023

SIAK,BEDELAU.COM --Bupati Siak mengeluarkan surat imbauan, khususnya di sekitar wilayah Kelurahan Kampung Dalam, Kelurahan Kampung Rempak dan Kampung Suak Lanjut di Kecamatan Siak agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman hewan buas yang sepekan ini menjadi perbincangan dan keresahan di tengah masyarakat.

Kemunculan hewan buas diduga Harimau Sumatera itu terdeteksi sejak Senin (16/1/2023) di belakang rumah warga di Kampung Suak Lanjut, ditandai dengan ditemukannya jejak kaki hewan mirip Harimau.

Setelah itu diperkuat oleh laporan masyarakat yang mengaku melihat keberadaan seekor Harimau masuk ke kawasan hutan kota Arwinas di Jalan Tengku Buang Asmara (Sapta Taruna), Kelurahan Kampung Rempak pada pukul 21.30 WIB, Jumat (20/1/2023).

Atas kejadian itu, Bupati Siak Alfedri meminta warga untuk tidak melakukan aktifitas pada kawasan hutan, semak dan kebun secara sendiri-sendiri, tidak melintas/melewati tempat-tempat yang berpotensi munculnya hewan buas pada malam hari dan jangan melakukan tindakan yang dapat mengancam keberadaan hewan buas yang tengah berkeliaran dengan menembak atau menjeratnya.

"Berikan informasi yang akurat terkait keberadaan hewan buas itu kepada aparat kampung, Babinkamtibmas, Babinsa atau BPBD Siak," imbuhnya dalam surat tersebut.

Kemunculan hewan buas diduga Harimau Sumatera itu juga dikuatkan dengan adanya rekaman CCTV dari Toko Sinar Sanjaya milik Hasan di jalan Sapta Taruna, sekitar pukul 03.00 WIB dini hari Sabtu (21/1/2023). Video itu berdurasi sekitar 17 detik yang merekam aktivitas Harimau sedang melintas di depan toko tersebut.

Beredarnya video itu juga dibenarkan oleh Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Roau, resort wilayah 4 Siak. Tim gabungan dari BBKSDA, BPBD, Satpol-PP, Polri dan TNI sudah melakukan patroli di daerah lintasan harimau tersebut.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com