Siswa SMK Perpajakan Riau Diberi Pembekalan Memilih Kuliah yang Tepat dan Prospek

Selasa, 24 Januari 2023

PEKANBARU,BEDELAU/.COM --SMK Perpajakan Riau adalah salah satu dari sekian banyak sekolah kejuruan menengah yang ada di Riau. SMK ini memiliki 197 siswa kelas XII yang akan lulus tahun ini.

Berdasarkan pembicaraan dengan kepala sekolah, “para siswa membutuhkan penjelasan dari pihak yang berkompeten untuk membantu memilih jurusan yang tepat.  Oleh karenanya, beliau berharap kepada  tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Dosen Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Universitas Lancang Kuning, dapat membantu siswa-siswi di SMK Perpajakan Riau untuk menentukan jurusan yang tepat di perguruan tinggi”. Kata .Kepala SMK Perpajakan Riau

Mengutip hasil penelitian Masriah et al., (2018) dikatakan bahwa “persepsi mahasiswa atas jurusan yang mereka pilih, konsep diri mahasiswa, serta kesesuaian dalam minat saat memilih jurusan memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Hal ini memperlihatkan bahwa siswa perlu mendapat pengarahan yang tepat sebelum memilih jurusan/ program studi pada perguruan tinggi, agar siswa dapat memilih jurusan yang lebih sesuai dengan minat, persepsi atas jurusan dan konsep diri siswa”.

Berkaitan dengan itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Dosen Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Universitas Lancang Kuning, terdiri dari Reni Farwitawati, SE, M.Ak, Souvya Fithrie, SE, MM dan Masirun, SE, M.Si pada tanggal 17 Januari 2023 yang lalu telah melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat bekerjasama dengan SMK Perpajakan Riau. 

“Kami telah  memberikan pengetahuan tentang perguruan-perguruan tinggi yang ada di Riau dan jurusan-jurusan yang bisa dan sesuai bagi siswa lulusan SMK Perpajakan serta jurusan-jurusan yang memiliki prospek/sangat diminati dunia kerja 10 tahun ke depan”. Ungkap Reni Farwitawati.

Menurut Bapak Samidin selaku waka kesiswaan, “pihak SMK Perpajakan sangat menyambut baik kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan banyak lulusan SMK yang termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan dapat memilih jurusan yang sesuai dengan cita-citanya. Kegiatan ini juga menjadi jembatan untuk terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dan Universitas Lancang Kuning khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (ketua tim PKM)”. Tutur Samidin. (Rls)