Diduga 8 Siswa SD Negeri 03 Damon Keracunan Minuman

Kamis, 23 Februari 2023

Murid SD yang sedang dirawat di RSUD Bengkalis didampingi Bhabinkantibmas setempat, Rabu (22/2/2023).(Nuzul Hidayat)

BENGKALIS, BEDELAU.COM—Kuat dugaan delapan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 03, Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis keracunan minuman. Delapan murid tersebut mengalami pusing dan muntah-muntah setelah berbelanja (jajan) minuman. Akibatnya, mereka sempat dilarikan ke UGD-RSUD Bengkalis, Rabu (22/2/2023).

Dari pantauan di lokasi sekolah pasca kejadian keracunan,   tim dari  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bengkalis melakukan pengecekan di kantin sekolah dan juga membawa sampel  makanan jajanan yang di jual di kantin, Kamis (23/2/2023).

Sedangkan jajanan di kantin SDN 03 Bengkalis berupa minuman sachet dengan jenis pop ice cocalto, jelly, dan lain - lain sudah dicek oleh petugas 

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro melalui Kasat Reskrim AKP Muhammad Reza membenarkan, ada delapan murid SDN 03 Bengkalis yang diduga mengalami mual dan muntah-muntah.

"Ya, kami mendapat laporan melalui Bhabinkantibmas Kelurahan Damon, ada 8 murid  SDN 03 Bengkalis yang mengalami pusing dan muntah. Pihak sekolah langsung memanggil ambulans untuk membawa siswa tersebut ke RSUD Bengkalis untuk mendapatkan perawatan," ujar Kasatreskrim AKP M Reza, Kamis (23/2/2023).

Reza menyebutkan, saat ini pihaknya telah menanyakan ke korban, pengelola kantin bernama  Etek dan beberapa guru juga dari keterangan dokter UGD RSUD Bengkalis dan nantinya hasil pengecekan sampel dari pihak Diskes Bengkalis.

Sebelumnya, setelah mendapatkan penanganan dari UGD ke delapan murid SDN 03 ini mendapatkan perawatan dengan memberikan infus. dokter UGD RSUD Bengkalis  dr Desi Novinta Yanti  mengatakan, sudah dilakukan perawatan semua anak - anak yang mengalami keracunan dan telah diberikan obat melalui di minum maupun melalui infus terhadap anak - anak yang mempunyai fisik yang lemah.

"Kondisi anak - anak sudah stabil dan pernafasan juga sudah baik, denyut jantung dan fisik normal dan kita lakukan observasi melihat kondisi anak - anak yang sudah membaik," ujar dr Desi.

Dari hasil diagnosis dokter UGD RSUD Bengkalis keracunan murid  SDN 03 Bengkalis di duga diakibatkan dari air. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan hasil keterangan dari anak - anak yang keracunan.

Berawal saat murid SDN 03  melakukan jajan di kantin pada jam istirahat pertama pukul 09.00 Wib. Dan pada saat jam istirahat kedua pukul 11.00 Wib siswa yang jajan tadi mengalami pusing, sakit perut dan muntah - muntah.

Sementara itu Kepala SDN 03 Bengkalis Chairul Nizam mengatakan, pada saat kejadian anak - anak kelas 03 SDN 03 Bengkalis mengalami pusing, sakit perut dan ada yang muntah kami berinisiatif untuk dibawa ke RSUD dengan menepon Bhabinkantibmas Ronald dan didampingi beberapa guru.

"Sedangkan kantin sekolah yang di kelola  Musalmina sudah ada sejak tujuh tahun lalu. Musalmina setelah pensiun dari guru mengelola kantin sekolah dan juga Etek yang menjual minuman ringan sachet yang kemaren sudah diminta keterangan dari Polres Bengkalis dan ke delapan murid SDN 03 sudah istirahat di rumah masing-masing atau di liburkan," ujarnya.(nuh)