Tak Dijagokan Tapi Terpilih Jadi Pj Bupati Kampar, M Firdaus: Serasa Mimpi

Ahad, 21 Mei 2023

PEKANBARU,BEDELAU.COM --Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menerima Surat Keputusan (SK) penunjukan Penjabat (Pj) Bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru.

Dalam salinan SK tersebut, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus, ditunjuk sebagai Pj Bupati Kampar menggantikan Kamsol (Kepala Dinas Pendidikan Riau) yang sebelumnya menjabat Pj Bupati Kampar.

Dalam salinan tersebut, Kemendagri juga memperpanjang Muflihun (Sekretaris Dewan DPRD Riau) sebagai Pj Walikota Pekanbaru. Dengan begitu, Muflihun dipercaya untuk memimpin Kota Pekanbaru satu tahun ke depan.

Penunjukan Pj Bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru kali ini banyak menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Riau, khususnya Kampar dan Pekanbaru.

Pasalnya, dari tiga nama calon Pj Bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru yang diusulkan Kemendagri ke Tim Penilai Akhir (TPA), ada satu nama yang tidak digadang-gadangkan terpilih menjadi Pj, yaitu Muhammad Firdaus.

Ada tiga nama usulan Pj Bupati Kampar yang masuk ke TPA, antara lain Kamsol (Kepala Dinas Pendidikan Riau) yang diusulkan oleh DPRD Kampar, Tengku Fauzan Tambusai (Staf Ahli Gubernur Riau), dan Muhammad Firdaus (Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau) yang diusulkan oleh Gubernur Riau. Namun, yang dijagokan oleh Gubernur menjadi Pj Bupati Kampar adalah Tengku Fauzan Tambusai, sedangkan Muhammad Firdaus hanya sebagai pelengkap.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus, saat dikonfirmasi mengaku tidak percaya bahwa namanya terpilih sebagai Pj Bupati Kampar.

"Sampai sekarang saya masih tidak percaya terpilih menjadi Pj Bupati Kampar, seperti mimpi mendapat amanah ini," ungkap Firdaus, Ahad (21/5/2023).

Bahkan Firdaus mengaku, saat mendapat informasi bahwa ia diprediksi menjadi Pj Bupati Kampar, ia tidak terlalu berambisi untuk mendapatkan jabatan kepala daerah tersebut.

"Makanya saya juga bingung, bagaimana ini bisa terjadi. Mohon doa dan dukungannya agar saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik," ucapnya.

Pj Walikota Pekanbaru

Sedangkan tiga calon Pj Walikota Pekanbaru yang masuk ke TPA adalah Muflihun (Sekretaris Dewan DPRD Riau) yang diusulkan oleh DPRD Kota Pekanbaru, M Taufiq OH (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Riau), dan Boby Rachmat (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau) yang diusulkan oleh Gubernur Riau.

Untuk Pj Walikota Pekanbaru, nama M Taufiq OH sempat mencuat sebagai calon kuat Pj Walikota Pekanbaru yang diprediksi akan menggantikan petahana, yaitu Muflihun. Namun, hasil akhirnya, Muflihun kembali dipercaya sebagai pimpinan Kota Pekanbaru.

 

 

Sumber: cakaplah.com