Plt. Bupati Asmar Sebut Satkamling Garda Terdepan di Masyarakat

Rabu, 21 Juni 2023

MERANTI, BEDELAU.COM--Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar memimpin apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tahun 2023, bertempat di Lapangan Mapolres Kepulauan Meranti, Rabu (21/5/2023).

 

 

Apel Ketua Satkamling tersebut merupakan salah satu upaya Polri dalam mempercepat Revitalisasi Satkamling, dengan diikuti oleh unsur TNI dan Polri, pimpinan OPD terkait, Awak Satkamling, dan stakeholder terkait lainnya.

Plt. Bupati H. Asmar saat membaca amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, berharap dengan kegiatan Satkamling diharapkan dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasi peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

"Karena situasi kamtibmas yang kondusif merupakan persyaratan utama terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Asmar.

 

 

Kemudian, dalam upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan, tentunya berbagai macam dinamika akan dihadapi. Untuk itu, Asmar berharap pihak Kepolisian dapat terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa serta mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

"Sebagai garda terdepan di lingkungan RT/RW, kehadiran Satkamling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan  dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat," imbuhnya.

 

 

Selanjutnya, Apel ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan Awak Satkamling terbaik kepada tiga desa di Kabupaten Kepulauan Meranti. (Hr)