Kegiatan Peresmian Kick Off Cahaya (Cakap, Agamis, Sehat, Berdaya) di Desa Sokop

Jumat, 12 Februari 2021

KEPULUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Suasana mendung diiringi gerimis tidak menyurutkan semangat masyarakat Dusun Bandaraya Desa Sokop Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menghadiri kegiatan peresmian atau Kick Off Desa CAHAYA (Cakap-Agamis-Sehat-Berdaya), Program Desa Cahaya merupakan program pemberdayaan masyarakat secara komprehensif, terukur dan berkelanjutan berbasis potensi lokal, berwawasan luas melalui teknologi informasi audio-visual. (12/2/2021).

Terlihat hadir di acara tersebut Kepala Desa Sokop Irwan berserta aparatur pemerintahan desa, Kepala Dusun, Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT) dan sejumlah tokoh agama, masyarakat dan para undangan yang turut menghadiri acara peresmian Kick Off Desa Cahaya.

Acara diawali dengan pembukaan yang dilangsungkan pembawa cara dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an serta menyanyikan lagu Indonesia raya kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh beberapa tokoh yang hadir.

Diawali oleh Ketua Lazwaf Al Azhar H. Daram dalam kata sambutannya mengucapan "Selamat atas Kick Off Desa CAHAYA semoga bisa terus sinergi dan lebih baik kemudian dalam sambutannya berpesan kepada seluruh warga serta masyadakat Desa Sokop".

"Kehadiran Lazwaf Al-Azhar dan YBM PLN adalah dalam rangka memotivasi mendorong potensi yang dimiliki untuk diupayakan semaksimal mungkin dari warga masyarakat kita ini, karena kita sadari setiap desa punya keunikan dan potensi baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) mau pun Sumber Daya Alam (SDA) dan suksesnya program kita ini itu berkat kerjasama sesama warga dan masyarakat", ujar Lazwaf Al-Azhar (Zoom Meeting).

Selanjutnya kata sambutan ketua YBM PLN pusat oleh bapak Salman via daring juga.

"Ucapan jazakumullah Khairan Katsir kepada mitra kerjasama lazwaf Al Azhar untuk di Desa Sokop adalah satu dari 21 dan tersebar 8 Provinsi. Semoga program desa cahaya bisa menggali SDM untuk mengurai angka kemiskinan yang ada di tempat tersebut.

"Program ini hasil dari dana zakat infak sedekah dari pegawai muslim PLN yang diperuntukkan khusus untuk wilayah di mana karyawan tersebut bekerja dan selamat meluncur desa cahaya yang ke 21 di Desa Sokop semoga Allah berkahi," ungkap Ust. Salman.

Tidak ketinggalan kehadiran Ketua YBM PLN UIP Sumbagteng Bapak Fajri di Desa Sokop secara langsung dari Pekanbaru juga memberikan arahan dalam sambutannya.

"Alhamdulilah berkat Rahmat Allah SWT yang maha kuasa dihari Jum'at yang baik ini kita bisa melaksanakan kegiatan Kick Off Desa CAHAYA di Desa Sokop ini, Desa cahaya merupakan program pemberdayaan ekonomi di mana YBM PLN, lebih kurang 5.000 penerima manfaat seluruh Indonesia sedangkan di Desa Sokop ini ada lebih kurang 300 penerima manfaatnya"  ujar Ust. Fajri.

"Kita berharap dari program ini ada sinergitas bersama pendamping dan masyarakat agar sama-sama bisa berperan aktif untuk menjaga, mengelola dan mensukseskan dengan baik demi terentaskannya kemiskinan didaerah kita ini", ujarnya lagi.

"Syukur Alhamdulilah kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa sholawat dan salam untuk Nabi Muhammad Saw. Pertama ucapan terima kasih kepada Pak Firman selaku pendamping desa yang sudah kerja keras dalam pelaksanaan acara, terima kasih banyak kepada YBM PLN dan lazwaf Al Azhar", sambut Irwan Kades Sokop.

Ini merupakan suatu kebanggaan karena Desa Sokop menjadi daerah perhatian seluruh pihak untuk sama-sama mensejahterakan masyarakat, oleh karena itu harapannya semoga kami dari warga masyarakat bisa mengembangkan program yang diberikan untuk berkesinambungan dalam kehidupan.

"Tidak hanya program ekonomi yang kami rasakan namun ada juga program kesehatan, pendidikan dan keagamaan yang kami rasakan, semoga kedepannya juga akan ada bantuan untuk infrastruktur seperti jalan akses utama sepanjang 4 KM, semoga bisa dibantu karena jalan tersebut dengan kondisi rusak parah jika hujan becek dan jika dimusim panas akan diselimuti debu," kata  Irwan Kades Sokop  (Sp).