Sejumlah Wilayah di Pekanbaru Terendam Banjir, Pj Walikota Bilang Begini

Ahad, 07 Januari 2024

Salah satu lokasi banjir di Pekanbaru/foto: cakaplah.com

BEDELAU.COM --Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru tergenang banjir. Bahkan hingga kini di beberapa wilayah tertentu masih tergenang banjir. Salah satunya adalah di Jalan Sudirman Ujung.

Menanggapi kondisi tersebut, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, bahwa saat ini banjir tidak hanya terjadi di Kota Pekanbaru. Banjir menggenangi 9 dari 12 kabupaten/kota di Riau.

"Bicara banjir, hari ini 9 dari 12 kabupaten kota terdampak banjir. Kenapa? Karena tingkat air itu tinggi di sungai-sungai," ujar Muflihun, Ahad (7/1/2024).

Ia menyebut, di Pekanbaru ada sungai-sungai yang kini airnya sedang tinggi. Bahkan masyarakat yang berada di bantaran sungai mengalami kebanjiran.

"Kita ada Sungai Siak tinggi, Sungai Batak tinggi, apalagi di sekitaran sungai itu banjir," sebutnya.

Selain karena tingginya air sungai di Pekanbaru, sejumlah wilayah Pekanbaru juga terendam banjir dadakan. Menurutnya, banjir dadakan itu diakibatkan oleh drainase yang tersumbat oleh sampah dan sedimen.

"Ada juga sejumlah wilayah itu memang banjir dadakan. Karena memang sampah bertumpuk di drainase. Itu saya sampaikan, jangan mencari masalah tapi itu adalah tugas kita bersama," katanya.

Dikatakannya, sampah yang menumpuk di drainase membuat parit tersumbat. Ia pun menegaskan bahwa sampah yang masuk ke dalam parit ulah masyarakat juga.

"Karena sampah bertumpuk di parit itu salah kita, siapa yang buang sampah ke parit kalau tidak kita. Karena itu, kedepan kita mengimbau mulai goro (gotong royong) di depan ruko kita, goro di depan rumah kita. Karena dari rumah ke rumah bisa bersambung paritnya," pungkasnya.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM