Polisi Tangkap 2 Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan

Senin, 22 Februari 2021

Karhutla : Tampak petugas berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis, Minggu (22/2/2021).sukardi

BENGKALIS, BEDELAU.COM  —Di tengah wabah Covid-19, ternyata masih ada juga ulah tangan jahil yang sengaja membakar lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Bengkalis. Ironisnya, pelaku adalah warga yang membuka lahan dengan cara membakar dan pencari madu lebah di hutan.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT, Senin (22/2/2021) membenarkan diamankannya 2 pelaku yang diduga melakukan tindak pidana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Mapolres Bengkalis.

Pria dua bunga melati dipundak itu menjelaskan, kedua tersangka berinisial S dan M ini merupakan warga Kecamatan Rupat. Mereka diamankan dari lokasi berbeda, pertama di lokasi perbatasan PT Priatama dengan PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Kecamatan Rupat. Kemudian di Jalan Ahmad Nawi, Dusun Sungai Suling, RT. 02/RW.02, Desa Suka Damai.

“Dua tersangka ini diamankan diduga telah melakukan tidak pidana membakar lahan dan hutan. Satu diantaranya mereka melakukan pembakaran saat mencari madu lebah dengan menggunakan api,”ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Bengkalis ini menyebutkan, sejumlah barang bukti (BB) turut diamankan dari lokasi, yaitu 2 (dua) batang kayu yang telah terbakar, 1 (satu) bilah parang pendek, 1 (satu) kantong plastik yang berisikan madu.

Kemudian, 1 (satu) buah mancis warna biru, 1 (satu) kantong untuk menyimpan madu, 1 (satu) bilah parang gagang warna hijau, 1(satu) buah mancis warna merah, 2 (dua) batang bibit kelapa sawit dan 2 (dua) batang kayu bekas terbakar.

Ia juga mengimbau, atas kasus ini agar masyarakat jangan mencoba-coba membakar hutan dan lahan dan tentunya selalu ikut berperan aktif dalam melindungi hutan di Kabupaten Bengkalis.

“Saya imbau kepada masyarakat, jika melihat adanya warga yang membakar lahan dan hutan, maka segera melaporkannya ke Polsek dan Polres setempat. Kita siap melayani laporannya secara langsung,”ujarnya.(kr)