Kebun K2-I Sepahat Terbakar, Disinyalir Penebangan Kayu Masih Terjadi

Rabu, 24 Februari 2021

KEBUN K2-I : Tampak sejumlah petugas pemadam, sedang berusaha memadamkan api di lahan gambut perkebunan K2-I di Dusun Sejati, Desa Sepahat, Kecamatan Bandar laksamana, Selasa (23/2/2021) sore.(sukardi

BANDAR LAKSAMANA, BEDELAU.COM  — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) makin meluas di wilayah Kecamatan Bandar Laksamana, Rabu (24/2/2021). Lokasi areal terbakar berada di Kebun K2-I milik Pemprov Riau yang saat ini dikelola Koperasi KSBB.

Berdasarkan laporan Pusdatin Kecamatan Bandar Laksamana. Kebakaran lahan terjadi di perkebunan K2-I di titik koordinat 1°34'6,786" N 101"47'41,923" E. Saat ini tim gabungan Satgas Karhutla melaksanakan persiapan melanjutkan pemadaman lahan yang berlokasi di Dusun Sejati, Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana.

“Saat ini anggota gabungan masih melakukan persiapan melanjutkan pemadaman di Dusun Sejati, Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana. Informasi selengkapnya menyusul,”ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bengkalis H Tajul Mudarris, Rabu (24/2/2021).
 
Sementara itu, informasi dari warga setempat. Kondisi lahan masih aktif dan lahan itu sebelumnya ditanami kayu akasia. Namun, setelah Karhutla terjadi, lahan itu terbuka.

“Kebun sawitnya K2-I nya masih kelihatan. Namun lahan tersebut terbuka karena hutan Akasinya ditebang oleh pihak koperasi KSBB Sepahat. Harusnya ini diusut siapa pelaku pembakaran lahan,”ujar Wan Muhammad Sabri via ponselnya, Rabu (24/2/2021).(kr)