Unilak Naik Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Lembaga Pemeringkat Internasional 4ICU.ORG

Rabu, 24 Februari 2021

BEDELAU.COM --Kabar gembira datang ke Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, Riau. Kampus dengan tagline kebanggaan masyarakat Riau ini naik peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan situs/lembaga pemeringkat internasional colleges & Universities (Unirank) yang diumumkan di website www. 4icu.org pada tahun 2021.

Unirank adalah lembaga pemeringkat internasional yang tiap tahun selalu merilis peringkat perguruan tinggi di Indonesia. Di halaman situs itu, Unirank juga menampilan pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan negara, kemudian benua, dan juga tersaji 200 peringkat perguruan tinggi kelas dunia.

Jika dilihat di Indonesia, Unilak berada diperingkat 190 dari 574 perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan, naik 1 peringkat dibandingkan tahun 2020 yang berada di posisi 191. Untuk skala dunia Unilak berada di urutan 8565. Untuk skala Indonesia peringkat satu diraih oleh Universitas Gajah Mada. Perguruan tinggi di pulau Jawa masih mendominasi 10 besar pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Unirank. Sementara untuk Provinsi Riau Unilak di urutan 2 perguruan tinggi swasta.

Menariknya Unirank juga melakukan pemeringkatan berdasarkan sosial media, jika dilihat lagi berdasarkan urutan  sosial media Instagram Unilak berada di peringkat 119.

Rektor Unilak Dr. Junaidi, SS, M.Hum dihubungi Rabu,(24/02/2021) mengatakan, tentunya ini menjadi kabar menggembirakan bagi civitas akademika Unilak. "Patut disyukuri bahwa disaat dunia berjuang dengan pandemi Covid 19 yang turut berdampak pada sektor pendidikan, Unilak naik peringkat. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi dan daya tarik bagi calon mahasiwa baru untuk menjadikan pilihan kuliah dalam menggapai cita-cita, dan Unilak siap memberikan pelayanan terbaik."

Di tempat terpisah Wakil Rektor I bidang Akademik, Zamzami, S.Kom.M.Kom mengatakan Unilak akreditasi B Institusi, saat ini memiliki  9 fakultas, 19 program studi S1 yang telah berakreditasi A dan B, dan dua prodi Pascasarjana yang juga berakreditasi B.  Sekarang Unilak tengah menerima mahasiwa baru yang telah dimulai 1 Februari. Sejak Februari hingga 10 April Unilak membebaskan biaya pendaftaran.

"Silakan masyarakat untuk segera mendaftar ke Unilak, baik secara online di www.unilak.ac.id maupun langsung datang ke Unilak. Layanan PMB tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah virus corona, "ujar Zamzami. (rilis)