Rekor, Gubernur Kepri 4 Kali Dilantik Selama 5 Tahun

Kamis, 25 Februari 2021

BEDELAU.COM --Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata sudah empat kali melantik Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) selama kurun waktu lima tahun. Ini merupakan pelantikan paling banyak di antara gubernur daerah lainnya.

Gubernur Kepri pertama yang dilantik Jokowi selama lima tahun ini adalah HM Sani. Namun dua bulan setelah menjabat HM Sani tutup usia.
 
Kemudian Gubernur Kepri kedua yang dilantik Jokowi adalah Nurdin Basirun. Namun, Nurdin Basirun harus lengser dari jabatannya karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan kasus suap dana izin reklamasi di Tanjung Piayu, Batam.
 
Selanjutnya Gubernur Kepri ketiga yang dilantik Jokowi adalah Isdianto yang menggantikan Nurdin Basirun pada tahun 2020 lalu.
 
Pada hari ini, Kamis (25/2/2021), untuk keempat kalinya Jokowi melantik Gubernur Kepri yakni Ansar Ahmad. Dimana Ansar Ahmad dilantik bersama wakilnya yakni Marlin Agustina.
 
Keduanya ditetapkan sebagai pemenang pilkada setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa hasil pilkada. Pasangan ini menang dengan perolehan suara 308.553.
 
Pasangan ini dilantik bersama Gubernur dan Wagub Sumbar serta Bengkulu di Istana Negara. pasangan ini dilantik berdasarkan Keppres No.40/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.
 
Sumber: [okezone.com]