Desa Centai Pertama Kalinya Mengadakan Sidang Isbat dan Mempermudahkan Masyarakat

Kamis, 04 Maret 2021

Kepala Desa Centai M. Allatif bersama Camat Pulau Merbau berserta Pengadilan Agama Selatpanjang.

KEPULAUAN MERANTI, BEDELAU.COM --Kecamatan Pulau Merbau yang pertama kalinya melakukan sidang isbat dan mempermudahkan urusan masyarakat setempat dalam hal ini yang bertempat di Desa Centai dan sekaligus sidang isbat dilaksanakan di Kantor Desa Centai, (3/3/2021)

Turut hadir pada sidang isbat, Rahim Atan Ibrahim yang menjabat sebagai Camat Kecamatan Pulau Merbau, H. M. Arifin selaku hakim dari Pengadilan Agama Kepulauan Meranti, Ubed Bagus Rozali selaku hakim, Wira Utama selaku panitra penganti, Dwi Novniani selaku panitra penganti, Juliana selaku PTSP, Maizatul Istiqomah, Erna Safitri, serta dihadiri oleh masyarakat yang mengikuti sidang isbat berserta saksi yang telah ditentukan

Masih banyak masyarakat kita yang  menikah, namun belum memiliki berkas yang lengkap sesuai dengan aturan pemerintah kemungkinan ini dikarenakan pada zaman dahulu jarak tempuh untuk ke pengadilan agama yang sangat jauh, sehingga masih banyak masyarakat yang menikah hanya diketahui oleh masyarakat setempat serta kerabatnya saja.

Untuk itu, dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu keliling (PTSP), Pemerintah Desa Centai berharap besar agar bisa membantu masyarakat dengan adanya PTSP tersebut sehingga mempermudah segala hal untuk melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat agar memiliki surat keterangan nikah dan terdaftar.

"Bagi masyarakat yang belum memiliki surat keterangan nikah agar segera untuk mengurusi agar pernikahan ini terdaftar dan legal baik secara agama mau pun secara pemerintah, surat keterangan nikah ini sangat penting bagi yang memiliki anak, agar dalam segala kepengurusan yang dibutuhkan saat ini dan juga mempermudahkan anak dalam melengkapi segala yang dibutuhkan saat dalam proses belajar dan anak sudah memiliki persyaratan dan perlengkapan yang lengkap" ujar Rahim Atan.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya diucapkan kepada seluruh masyarakat yang saya cintai yang berada di Desa Centai yang sangat berapresiasi dalam acara ini, dengan rasa senang hati dipagi yang cerah ini dengan kehadiran masyarakat untuk hadir meluangkan waktu dan memberikan kesempatan untuk ikut mensukseskan acara sidang isbad ini", ujar Allatif. (SP)