Kanal

Mahfud Minta Wasathiyah Islam Dijaga: Salafi-Wahabi Tak Cocok di RI

BEDELAU.COM --Menko Polhukam Mahfud Md meminta Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya tetap menjadikan masjid sebagai basis pergerakan dakwah demi mencegah paham keagamaan yang tak sejalan dengan nilai-nilai yang dianut di Indonesia. Mahfud menyebut paham Salafi dan Wahabi tidak cocok diterapkan di Indonesia.
 
"Muhammadiyah dan NU juga jangan sampai kehilangan masjid dan tempat peribadahan yang sudah kita bangun dengan wasathiyah Islam. Kalau dibangun dengan Salafi dan Wahabi, tidak cocok dengan kita," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).
 
Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah. Mahfud lalu berbicara tentang ibadah yang bukan hanya ibadah ritual dan ibadah mahdhah, tapi juga masuk ke ibadah sosial yang ghairu mahdhah.
 
"Sekarang penekanannya bukan pada al-ahdi-nya karena itu sudah jadi, kesepakatannya sudah terjadi, sudah dibuat di dalam konstitusi. Tapi sekarang syahadah-nya, mengisinya bersama berdasar kesepakatan dengan penuh kekompakan dan kebersatuan," lanjutnya.
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER