Kanal

Penanaman Tanaman Obat Keluarga oleh Kukerta UNRI 2023 di Desa Suligi Kecamatan Pendalian IV Koto

ROHUL,BEDELAU.COM --Mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau di desa Suligi, Kecamatan Penilaian IV Koto mengadakan penanaman tanaman obat keluarga (toga), penanaman di lakukan di kebun kelompok wanita tani, desa suligi Kecamatan Penilaian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu, (21/07). TOGA sendiri bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Tanaman obat keluarga (Toga) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakikatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun atau pun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Riau itu merupakan kegiatan utama. Di Desa Suligi, kesadaran warga dalam pemberdayaan toga masih kurang, terlihat di Kebun wanita tani dan di sekitar rumah warga minim penanaman toga dan banyak tanaman yang tidak subur.

Maka dari itu mahasiswa Kukerta UNRI Desa Suligi melakukan penanaman toga dan pembuatan. Taman apotik hidup tersebut diciptakan dan kemudian tiap jenis toga dikelompokkan dan diberi papan nama toga. Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Suligi juga membuat mading yang berisikan informasi singkat mengenai jenis tanaman dan manfaatnya.

TOGA dapat menjadi sumber pembelajaran edukatif dalam pembentukan karakter dan prinsip kemandirian dalam upaya pengobatan keluarga. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daun, kulit batang, buah, biji, dan akarnya. Secara umum, TOGA dimanfaatkan sebagai minuman kebugaran, ramuan untuk gangguan kesehatan ringan, dan memelihara kesehatan, serta meningkatkan gizi.

Kukerta Universitas Riau berharap kepada masyarakat Desa Suligi untuk dapat menjaga dan merawat tanaman apotik hidup yang telah dibudidayakan oleh mahasiswa Kukerta. Semoga tanaman-tanaman tersebut dapat bermanfaat dan mampu memenuhi kebutuhan. (Rilis)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER