Kanal

Asisten II Sekda Meranti : Menjaga Kelestarian Ekosistem Alam Butuh Sinergi Pemerintah, Swasta dan Masyarakat

MERANTI, BEDELAU.COM--Mewakili Bupati Kepulauan Meranti, Asisten II Sekda Meranti bidang Pembangunan dan Ekonomi, Suhendri membuka secara resmi kegiatan "Semarak Ekowisata Mangrove" dalam rangka memperingati HUT Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau ke 3 sekaligus peringatan HUT RI ke 78 di Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau pada Rabu (30/8/2023).

 

 

Agenda "Semarak Ekowisata Mangrove" selain dilakukan kegiatan pacu sampan, juga turut dilaksanakan perlombaan menangkap seafood, lomba melukis dan membaca puisi bagi pelajar, serta dilakukan juga kegiatan penanaman 1.200 bibit mangrove di wilayah Kecamatan Merbau dengan suport dari PT. Imbang Tata Alam (ITA).

Camat Merbau, Muhammad Nazir SPd MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi bersama, yang mana gerakan ini juga menjadi dasar sebuah pesan para pejuang dalam menjaga ekosistem alam untuk generasi mendatang.

"Atas nama Pemcam Merbau kami sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia dan berterima kasih kepada PT. ITA yang telah mensuport kegiatan ini, semoga PT. ITA semakin sukses dan jaya kedepan sehingga dapat semakin lebih gencar membantu kepentingan masyarakat di wilayah kerjanya," ungkap Camat M. Nazir.

 

 

Sementara itu CSR dan Land Matter EMP Div. Manager, Amru Mahalli menjelaskan bahwa hari ini merupakan sebuah kebahagiaan dan terukir sejarah bagi mita perusahaan dimana secara bersama program yang dulunya digagas dari kecil sekarang alhamdulillah sudah berdampak besar.

"Langkah ini merupakan upaya bersama bagaimana kita menyelematkan kampung, membangun dari kampung melalui kelompok positif. Tentu melalui peran Pemerintah, perusahaan dan kelompok masyarakat jika kita kelola dengan gerakan positif, semangat positif tentu hasilnya maksimal. Mari kita kuatkan basiran kelompok, tingkatkan kreatifitas yang membumi agar filosofinya hidup dari Sungai Merambai Kecamatan Merbau disitu kita jaga mangrove untuk Indonesia," pungkas Amru.

Bupati Kepulauan Meranti yang disampaikan Asisten II Sekda Meranti, Suhendri dalam arahannya menyampaikan selamat atas HUT Mangrove Merambai ke 3 dan sukses atas terlaksananya kegiatan semarak ekowisata mangrove di Kecamatan Merbau.

"Atas nama Pemerintah Kepulauan Meranti kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah menjaga mangrove. Rangkaian konservasi mangrove merupakan kegiatan pembibitan, penanaman dan sosialiasi serta menjaga ekosistem mangrove. Berdasarkan data abrasi yang terjadi di Meranti seluas 148.000 Meter, sedangkan program yang baru ditangani pemerintah hanya 5.000 meter, tentunya kegiatan ini sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya menjaga mangrove," ucapnya.

Keberadaan mangrove perlu dijaga khususnya wilayah pesisir, pengembangan dan menjaga hutan mangrove sebagai ekowisata yang pada hasilnya ikon wisata bisa berjalan maksimal dengan cara bersinergi antara Pemerintah, swasta dan masyarakat dengan menjaga lingkungan di wilayah Meranti.

"Untuk desa wisata kami sangat sepakat dan sudah kami sampaikan ke dinas pariwitasa paling tidak satu Kecamatan ada 1 Desa wisata, karena tematik pembangunan kita adalah pariwisata, sehingga usulan pembangunan kedepan bisa mudah masuk. Kami berharap Konservasi mangrove Kecamatan Merbau dapat mengembangkan ikon mangrove ini ke Dinas Pariwisata agar Merbau memiliki potensi wisata nantinya," ungkap Suhendri.

 

 

Turut hadir dalam pembukaan Semarak ekowisata mangrove di Sungai Merambai  Asisten II Kabupaten Kepulauan Meranti Beserta Rombongan, Camat Merbau, Mohammad Nazir, Spd, Msi, Danramil Merbau Kapten Inf, Efri adrin Nasution, S, sos, Kapolsek Merbau yang di wakili Bhabinkamtibmas, KSOP Teluk Belitung, Ijon tanamal Beserta staf, Management PT, ITA Beserta Rombongan,  Lurah Teluk Belitung, Mashuri, ST, Ketua LAM Kecamatan Merbau, Syafruddin, S, hum, Beberapa kelompok  wisata mangrove, tokoh Masyarakat, tokoh agama, dan komponen lainnya.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER