Kanal

Plt Bupati Asmar Resmikan Gedung Thoriqoh Ponpes Lansia Desa Alahair

MERANTI, BEDELAU.COM--Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad saw, sekaligus meresmikan Gedung Thoriqoh dan pembukaan Pondok Pesantren (Ponpes) Lansia Padange Ati.

 

 

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Pembinaan Jam'iyyah Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah, Desa Alahair, Kecamatan Tebingtinggi, Minggu (17/9/2023).

Pembina Jam'iyyah Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah Desa Alahair Kiai Muhammad Nurdin mengatakan, gedung yang dibangun itu merupakan tempat berkumpulnya jamaah tarekat serta tempat salat lima waktu oleh masyarakat setempat.

"Khusus Desa Alahair, Alahair Timur, Sesap dan Desa Banglas, Jam'iyyah Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah berjumlah 275 jamaah," sebutnya.

Ia juga menyampaikan harapan dengan kedatangan Plt Bupati Asmar, progres pembangunan gedung tersebut dapat dibantu oleh pemerintah daerah.

 

 

"Semoga bisa dipasangkan plafon agar jamaah tidak kepanasan, kemudian bisa mengaspal jalan masuk dari Jalan Pelajar menuju Ponpes," kata Kiai Muhammad Nurdin.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati Asmar mengaku akan menindaklanjuti usulan yang disampaikan.

"Insyaallah bisa dianggarkan di dalam anggaran perubahan, atau di anggaran murni 2024. Semoga bisa menunjang kegiatan keagamaan dan menuntut ilmu," jawabnya.

Bersamaan menyambut maulid nabi Muhammad saw, Asmar mengajak untuk meneladani sikap dari nabi akhir zaman itu.

"Terlebih sebagai bangsa dengan masyarakat yang plural, memiliki keberagaman budaya, suku, dan etnis," terang Asmar.

Kegiatan itu juga diisi tausiah oleh Khalifah Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah Desa Topang Kiai Abdul Ghofar.

 

 

Turut hadir Anggota DPRD Kepulauan Meranti Taufikurrahman, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H. Sulman, Badal Jam'iyyah Thoriqoh Kiai Sofyan H. Shaleh, para khalifah, pimpinan dan keluarga besar Ponpes Lansia Padange Ati, jamaah tarekat dan undangan lainnya. (Hr)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER