Kanal

TNI AD Tangkap Dua KKB, 5 Senpi dan Puluhan Amunisi Diamankan

BEDELAU.COM --Prajurit TNI AD dari Koramil 1715-05/Batom dan Linmas Distrik Batom berhasil menangkap dua orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa 7 September 2021. Dari penangkapan itu, berhasil didapati lima senjata api dan 37 butir amunisi.

Berdasar keterangan tertulis Penerangan Korem 172/PWY, Rabu (8/9/2021), penangkapan berawal dari informasi masyarakat Kampung Abukerom yang melihat dua orang tidak dikenal (OTK) menggunakan perahu jenis Johnson dari arah Papua Nugini menuju ke Mongham (Daerah basis KKB), yang mengalami kerusakan di Kampung Muara. Hal tersebutlah yang kemudian dilaporkan kepada Koramil 1715-05/Batom.
 
Selanjutnya dengan menggunakan speed boat, sebanyak empat orang anggota Koramil yang dipimpin Sertu Ari Netson Arabia dan beberapa pemuda serta anggota Linmas menuju ke Kampung Muara. Di sana mereka kemudian melakukan pengepungan di pertengahan Sungai Oksip-Mongham.
Dari hasil pengepungan itu, mereka berhasil menangkap dua orang anggota KKB dengan nama Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42). Keduanya langsung diamankan di Makoramil Batom guna menjalani pemeriksaan lanjutan dan penahanan. 
 
Adapun detil barang bukti yang ditemukan adalah dua pucuk senjata M16 yang salah satunya dilengkapi dengan GLM, satu pucuk senjata Double Loop, dan dua pucuk senjata laras panjang rakitan. Kemusian, diamankan pula amunisi 5,56 mm 35 butir, amunisi GLM dha butir, dua buah handphone, enam buah senjata tajam, serta satu buah solar cell.
 
Selanjutnya, lima buah flash disk, satu buah Bendera OPM, tga buah Bendera “Buka”, dua buah Bendera “Buka” kecil, satu buah ketapel, satu lembar foto kopi KK, satu buku kartu kesehatan, dan dua lembar tiket pesawat. Tak hanya itu, terdapat satu buah buku saku, delapan buah tas, satu buah tenda payung, satu lembar kartu anggota atas nama Yulian Uopmabin.
 
 
 
Sumber:[okezone.com]
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER